Pangeran William dan Kate Buat Sayembara ‘Perbaiki Bumi’

Pangeran William dan Kate Middleton mengumumkan sebuah sayembara untuk mengatasi masalah iklim, dengan janji “satu dekade penuh aksi untuk memperbaiki planet Bumi”.

Dalam pengumuman yang diumumkan di akun resmi Istana Kensington di Instagram dan disuarakan oleh Sir David Attenborough, yang dikenal sebagai pembawa acara tentang lingkungan dan Planet Bumi, disebutkan bahwa manusia memiliki kekuatan yang luar biasa untuk mengatasi tantangan-tantangan besar.

“Yang paling luar biasa dan yang paling berani adalah upaya mendaratkan manusia di permukaan bulan,” kata Sir David.

“Sepertinya tidak mungkin, tapi hanya dalam kurun satu dekade, itu bisa menjadi kenyataan,” katanya.

Lima pemenang akan menerima Hadiah Earthshot setiap tahunnya dari tahun 2021 hingga 2030.Hadiah uang tunai itu ditujukan bagi individu maupun organisasi yang memiliki solusi atas permasalahan lingkungan.

Pangeran William mengatakan bahwa dunia tengah menghadapi sebuah “pilihan yang kontras”, antara terus melakukan pengrusakan yang “tidak bisa diperbaiki” lagi terhadap planet ini atau justru “memimpin, berinovasi dan menemukan solusi permasalahan”.

Pengumuman sayembara itu dilakukan melalui satu video yang dinarasikan oleh Sir David Attenborough, yang dikenal sebagai pembawa acara tentang lingkungan dan Planet Bumi, yang diunggah ke media sosial.

Penyiar sekaligus aktivis lingkungan asal Inggris itu mengatakan bahwa hadiah itu akan diberikan kepada “para visioner selama satu dekade ke depan berkat respons mereka terhadap tantangan besar zaman kita”.

Sayembara itu rencananya akan secara resmi diluncurkan tahun ini, tahun ketika Konvensi Keanekaragaman Hayati akan digelar di China pada bulan Februari mendatang dan Konferensi Perubahan Iklim COP26 dilangsungkan di Glasgow pada bulan November.

Serangkaian tantangan akan diumumkan, dengan harapan untuk menemukan setidaknya 50 solusi atas “masalah terbesar dunia” termasuk perubahan iklim dan polusi udara.

Lebih dari 60 organisasi dan kalangan pakar terlibat dalam pengembangan sayembara ini.

Untuk saat ini, sayembara akan digelar oleh The Royal Foundation of The Duke and Duchess of Cambridge, gelar resmi Pangeran William dan Kate Middleton, tapi nantinya bisa berdiri sebagai organisasi independen.

Pihak Istana Kensington mengatakan bahwa sayembara ini akan didukung oleh para dermawan dan berbagai organisasi.

Proyek ini mendapat banyak sorotan; pihak Istana yakin bahwa sayembara ini melibatkan orang-orang yang tepat dan penuh ambisi.

“Level ambisi yang sangat besar” persisnya – “komitmen terbesar yang pernah dibuat oleh duke [Pangeran William]”.Ada banyak sayembara internasional dan acara penghargaan.

Membuat sayembara ini terasa istimewa, dan tetap membuatnya istimewa, akan menjadi tantangan tersendiri. William sendiri memiliki pesona kerajaan yang tidak biasa. Akan tetapi, jaringan pendukung global akan sangat kritis terhadap profil internasional sayembara ini.

Proyek ini akan memunculkan sisi baru sosok Pangeran William; proyek ini juga akan membuatnya resmi menjadi bagian dari kelompok yang meyakini kebutuhan genting adanya kerja sama internasional tentang perubahan iklim yang tidak diamini setiap pihak.

Tantangan sayembara itu akan mulai diumumkan tahun ini dan akan diperbarui setiap tahunnya selama satu dekade.

Nama hadiah untuk sayembara ini terinspirasi dari proyek “Moonshot” yang digagas mantan Presiden AS John F Kennedy, di mana ia menetapkan target pada tahun 1961 untuk mengirim astronot Amerika ke Bulan sebelum akhir dekade itu.

“Planet Bumi sedang berada di ujung tanduk dan kita menghadapi pilihan yang kontras: apakah kita terus menjadi diri kita dan merusak planet kita tanpa bisa diperbaiki lagi, atau kita ingat akan kekuatan unik kita sebagai manusia dan kemampuan berkelanjutan kita untuk memimpin, berinovasi dan menemukan solusi,” kata Pangeran William.

Menyusul pengumuman sayembara itu, pasangan tersebut mencuit di Twitter (30/12) dalam pernyataan yang samar: “Jangan lewatkan pengumuman pertama kami tahun 2020…”

Itu adalah yang terakhir dari serangkaian pernyataan William terkait masalah lingkungan yang ia ungkapkan tahun lalu.

Pada bulan Oktober, ia menyerukan agar lebih banyak pendidikan dan aksi politis terkait masalah perubahan iklim ketika mengunjungi lokasi glasier yang mencair di Pakistan.

Sebelumnya di bulan Januari, William juga pernah berkolaborasi dengan Sir David dalam Forum Ekonomi Dunia.Ia juga menjadi penyokong gerakan amal konservasi gading dan presiden kelompok konservasi United for Wildlife.

sumber: dnaberita.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s