Kebakaran Meluas, Australia Evakuasi Seluruh Penghuni Kebun Binatang

Di tengah kebakaran semak dan hutan di Australia, sebuah kebun binatang kecil berhasil menyelamatkan semua penghuninya karena keberanian para stafnya.

Banyak jenis primata, zebra, badak dan jerapah di kebun binatang ini.Sementara kebakaran semak terjadi, para petugas berhasil menyelamatkan seluruh binatang yang berjumlah 200 ekor.

Sebagian besar ditaruh di kebun binatang tetapi monyet, panda dan bahkan seekor harimau ditempatkan sementara di rumah salah satu petugas.

Pada hari Selasa (31/12) sebuah perintah pengungsian dikeluarkan untuk daerah New South Wales di mana kebun binatang berada, tetapi para staf memutuskan untuk tetap berada di kebun binatang untuk melindungi para hewan.

Direktur kebun binatang, Chad Staples mengatakan keadaannya “hancur, mirip Armageddon”.

Dia mengatakan kebun binatang terselamatkan karena mereka memiliki perencanaan yang rinci.Petugas kebun binatang memindahkan semua barang yang dapat terbakar dari lokasi itu dan kemudian menangani binatang.

Yang berukuran besar seperti harimau, macan dan orang utan dipindahkan ke kandang pada malam hari agar merasa aman dan tenang, sementara itu binatang yang lebih kecil dipindahkan ke rumah direktur kebun binatang.

“Saat ini di rumah saya terdapat berbagai jenis binatang di semua ruangan yang berbeda, yang aman dan terlindung…tidak satu ekorpun hilang,” katanya kepada ABC.

Sara Ang dari organisasi kawasan satwa liar Australia mengatakan kepada BBC bahwa “sebagian monyet yang lebih kecil harus dipindahkan ke rumah, panda merah ke dalam rumah dan seekor harimau ditempatkan di halaman belakang rumah”.

“Semua binatang yang perlu dipindahkan ke dalam rumah, telah dibawa ke dalam,” karena itulah mereka selamat dari kebakaran.

Jerapah dan zebra ditinggalkan di lokasi kebun binatang karena tempat tersebut cukup luas bagi binatang untuk menghindar dari api.

Staples menjelaskan hanya hewan-hewan ini yang mengalami stres – bukan akibat kebakaran tetapi karena para petugas dengan kendaraan yang lalu lalang untuk menangani kebakaran.

Dia mengatakan kepada ABC bahwa staf kebun binatang sebelumnya telah mempersiapkan “ratusan ribu liter” air dan menaruhnya ke tanki yang lebih kecil di dalam mobil yang dikemudikan di sekitar tempat tersebut untuk mematikan api.

Staples mengatakan timnya bekerja berjam-jam sepanjang malam. Kebun binatang tersebut terselamatkan karena usaha heroik para staf.

Ini dipandang sebagai suatu perkembangan positif sementara pantai timur Australia terus berjuang mengatasi kebakaran.

Meskipun demikian kota kecil Mogo sendiri hancur, puluhan rumah di sana rusak parah,

Kebakaran semak menyebabkan paling tidak tujuh orang di negara bagian New South Wales meninggal dunia, sejak hari Senin (30/12), kata polisi.

Kebakaran juga merusak lebih dari 200 rumah dan menyebabkan ribuan orang kehilangan tempat tinggal.

sumber: dnaberita.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s