Australia Tetap Pesta Kembang Api di Tengah Kepungan Kebakaran Hutan

Australia Tetap Pesta Kembang Api di Tengah Kepungan Kebakaran Hutan

Merdeka.com – Pesta Kembang Api untuk merayakan Tahun Baru 2020 tetap dilangsungkan di Sydney, Melbourne, dan Brisbane. Padahal kota tersebut tengah diselimuti asap kebakaran hutan.

Walau sempat dilanda ketidakpastian, pesta kembang api tetap dilangsungkan di kota besar Australia, termasuk Sydney, Melbourne dan Brisbane.

Di Sydney, sekitar 1 juta orang memadati kawasan Sydney Harbour guna menyaksikan pesta kembang api tersebut.

Dilansir dari ABC Indonesia, Selasa (31/12), tahun ini kembang api menggunakan bahan seberat 8,5 ton dan menampilkan pertunjukan yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

Di Melbourne, kembang api diluncurkan dari beberapa lokasi, dan sekitar 400 ribu warga akan memadati kota tersebut.

Sementara di kota ketiga terbesar di Australia Brisbane, sekitar 85 ribu orang hadir menyaksikan pesta kembang api yang diluncurkan dari lima tongkang yang berada di Brisbane River.

Ribuan orang terjebak di pantai

Di beberapa lokasi, di tengah suhu panas yang sudah terjadi beberapa hari, kebakaran tidak bisa diatasi sehingga dikhawatirkan akan menimbulkan banyak korban baik manusia maupun benda.

Di Negara Bagian Victoria, belasan properti sudah terbakar dengan ribuan orang terperangkap di kota tepi pantai Mallacoota, sekitar 514 kilometer dari Melbourne, dengan api semakin mendekat ke kota yang dipenuhi turis selama masa liburan akhir tahun.

Sekitar 4.000 orang di Mallacoota di kawasan East Gippsland berlindung di tepi pantai dan bersiap terjun ke laut untuk menghindari api yang terus bergerak ke arah kota kecil tersebut.

Di Kota Melbourne sendiri, di kawasan pemukiman Mill Park, Bandoora, dan Plenty yang hanya berjarak sekitar 20 kilometer dari pusat kota Melbourne, beberapa rumah mengalami kerusakan karena kebakaran semak.

2 dari 2 halaman

Petugas pemadam kebakaran meninggal

Di Negara Bagian Victoria, masih ada delapan titik kebakaran yang dianggap darurat, tujuh di antaranya di kawasan East Gippsland dan satu di sebelah timur kota Albury, dekat perbatasan antara NSW dan Victoria.

Kebakaran semak ini sudah memakan korban satu relawan pemadam kebakaran, Samuel McPaul yang berusia 28 tahun, yang meninggal dalam insiden di Green Valley, sekitar 70 kilometer sebelah timur Albury.

Dinas Kebakaran NSW (RFS) mengatakan truk pemadam kebakaran yang membawa McPaul mengalami kecelakaan ketika hendak menuju ke lokasi.

Reporter: Benedikta Miranti Tri Verdiana

Sumber: Liputan6.com [pan]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s