Wow! Inilah Pesawat Listrik Tercepat di Dunia

Seperti yang kita tahu sebelumnya, Greta Thunberg menolak untuk menggunakan pesawat dan kapal pesiar karena dapat meningkatkan emisi karbon. Untuk bepergian, Greta pun menggunakan kapal layar dan juga kereta api karena menghasilkan lebih sedikit emisi karbon.

Namun, nantinya Greta tidak perlu melakukan hal itu lagi karena sekarang Rolls Royce sedang membuat pesawat listrik yang tentunya tidak dapat menghasilkan emisi karbon.

Pesawat ini sendiri dinamakan “ACCEL” yang merupakan kependekan dari ” Accelerating the Electrification of Flght”. Pesawat ini sendiri dibuat dari kerjasama antara Rolls Royce, pemerintah Inggris, YASA, dan Electroflight. YASA dan Electroflight sendiri sama-sama fokus pada pengembangan energi listrik.

Menurut Rolls Royece, baterai pesawat ini sendiri memiliki 6.000 sel dan sistem pendingin sehingga meiliki energi yang cukup untuk menyalakan 250 rumah. Itu berarti pesawat ini dapat diterbangkan sejauh 200 mil hanya dengan sekali pengisian daya listrik.

Pesawat ini sendiri dipasangi 3 motor listrik ringan 750 R yang dapat menghasilkan 500 tenaga kuda. Selain itu, putaran per menit pesawat ini lebih rendah daripada pesawat biasanya sehingga pesawat ini dapat terbang lebih stabil dan lebih tenang.

Pesawat ini memiliki 90% efisiensi energi dan tidak menghasilkan emisi sama sekali. Selain itu, biaya operasional pesawat ini pun menjadi lebih murah karena tidak memerlukan bensin. Pesawat ini juga mampu untuk mendarat dan terbang secara vertikal dan cepat.

Pesawat ini diprediksi akan dilirik berbagai pasar dan direncanakan akan terbang di langit Inggris pada musim semi 2020.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s