Inilah Rumah Sakit Koala di Australia

Australian wildfires have destroyed up to 30% of koalas' native habitat.

Seperti yang kita tahu, kebakaran hutan sedang melanda daerah New South Wales dan mengakibatkan 9 orang tewas dan 1000 rumah hancur terbakar. Selain itu, kebakaran hutan pun sudah menghanguskan 12,35 juta hektar lahan.

Namun, selain itu ternyata koala juga ikut mengalami akibatnya karena menurut Menteri Lingkungan Australia, 30% habitat koala sudah habis terbakar. Lalu bagaimana dengan nasib koala-koala yang lucu ini?

Untungnya di daerah New South Wales ada sebuah rumah sakit khusus koala yang menangani para koala. Rumah sakit ini sendiri bernama Port Macquarie Hospital dan didanai melalui GoFundMe. Dari GoFundMe, rumah sakit ini mendapatkan dana sebesar 2,2 juta dollar Australia. Jumlah ini jauh lebih besar daripada target mereka yaitu 25.000 dollar australia.

Seperti inilah rumah sakit khusus koala tersebut. Rumah sakit ini sendiri didirikan oleh sebuah organisasi non-profit yaitu Koala Conservation Australia Incorporated pada tahun 1973. Tempat ini sendiri dikelola oleh 4 pegawai yang digaji dan 140 relawan dengan 8 unit perawatan intensif.

Para koala yang dibawa kesini sebelumnya akan diberi minum dulu untuk mencegah dehidrasi. Setelah itu, koala akan diobati penyakit atau lukanya sebelum akhirnya ditempatkan di lahan rehabilitasi agar nantinya koala dapat bertahan di alam bebas setelah keluar dari rumah sakit ini.

Selain itu, rumah sakit ini juga berencana untuk menempatkan 12 sumber air minum otomatis untuk koala karena sumber air minum mereka telah hancur.

Namun, pada akhirnya rumah sakit ini berencana untuk menempatkan 100 sumber air minum karena dana yang diperoleh sebanyak 2 juta dollar australia dari target sebanyak 25.000 dollar australia.

Selain itu, rumah sakit ini juga merencanakan program pembiakan koala dengan membuat 3 area pembiakan yang diawasi oleh rumah sakit ini. Namun tentunya rencana ini baru bisa dijalankan setelah kebakaran hutan selesai.

Berikut ini adalah potret-potret aktivitas di rumah sakit tersebut:

Bagaimana? Lucu ya koala-koala tadi saat diobati. Namun tentunya dibalik kelucuan itu, ada penderitaan yang sedang dialami oleh mereka. Oleh karena itu, kita harus menjaga hutan dan lingkungan kita ini.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s