Jaga Kelestarian Lingkungan Karang Taruna di Ponorogo Tanam 5000 Pohon

Bupati-Ipong-ab.jpg

TIMESJATIM, PONOROGO – Pengurus Karang Taruna Cempaka Muda Desa Poko kecamatan Jambon Ponorogo Jawa Timur, melakukan penghijauan di Embung Bejo Asri desa setempat, Jumat, (27/12/2019).

Sebanyak 5000 bibit pohon keras berbagai jenis ditanam di beberapa lahan yang dianggap sebagai lahan kritis dan lahan konservasi atau daerah resapan air.

Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni secara simbolis menyerahkan bibit pohon kepada masyarakat dan sekaligus melakukan penanaman pohon di area embung beji asri.

Dalam sambutanya bupati memberikan apresiasi yang sangat tinggi kepad karang taruna Cempaka Muda, desa Poko, yang mempunyai kepedulian terhadap pelestarian lingkungan.

“Ini sebagai pemicu semangat bagi karang taruna lain yang ada di Ponorogo untuk sama-sama peduli melestarikan lingkungan,” kata bupati.

Menurut bupati saat ini di Ponorogo masih banyak tersebar lahan-lahan kritis yang perlu dilakukan rehabilitasi lahannya melalui reboisasi.

“Untuk itu dalam upaya rehabilitasi lahan kritis ini diperlukan kerja nyata semua pihak, termasuk pemuda sebagai generasi penerus bangsa,” sebutnya.

Sementara ketua karang taruna Cempaka Muda, Solikin, kepada TIMES Indonesia memaparkan bahwa menjaga kelestarian lingkungan merupakan kewajiban bersama, bukan dilakukan segelintir pihak. “Kami melakukan inisiasi gerakan penanaman pohon ini sebagai wujud kepedulian pemuda yang tergabung dalam karang taruna terhadap kelestarian lingkungan,” paparnya.

Edukasi kepada masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan, perlu dilakukan secara masif oleh karang taruna.

“Hal ini sebagai salah satu andil peran pemuda kepada program pemerintah dalam hal rehabilitasi lahan kritis,” ucap Solikin.

Selain Bupati Ipong Muchlissoni, gerakan penghijauan bersama karang taruna Cempaka Muda, juga dihadiri ketua DPRD Ponorogo, Sunarto, kepala Dinas Lingkungan Hidup Ponorogo Sapto Djatmiko, forkopimka kecamatan Jambon Ponorogo, kepala desa Poko, dan masyarakat desa setempat. (*)

sumber: timesjatim.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s