10 Lokasi Liburan Bareng Keluarga yang Ramah Lingkungan

10 Lokasi Liburan Bareng Keluarga yang Ramah Lingkungan

Bisnis.com, JAKARTA – Jika keluarga Anda suka bepergian tetapi Anda khawatir dengan dampak lingkungan, sosial, dan ekonomi dari melakukannya, saatnya untuk mengambil pendekatan yang lebih sustainable untuk rencana liburan Anda.

Ada beberapa kota di dunia ini yang bisa menjadi pilihan Anda dan keluarga untuk berwisata dengan alam terbuka. Mulai dari Austria hingga Ekuador, bisa menjadi salah satu alternatifnya.

Berikut 10 kota di dunia yang bisa dikunjungi untuk liburan sustainable Anda :

1. Austria

Jelajahi ibu kota Austria yang ramah anak-anak di Wina, yang menawarkan lebih banyak lahan pertanian organik daripada kota lain dan memiliki ‘Taksi Hijau’ dan banyak stasiun berbagi sepeda untuk berkeliling. Temukan rumah pertanian skala kecil untuk akomodasi, lalu teruskan kaki keluarga dengan bersepeda, hiking, dan berenang di Weissensee. Luangkan waktu untuk berkunjung ke Werfenweng: sebuah kota tepi danau yang kaya akan taman bermain dengan kendaraan hijau untuk pengunjung.

Wina memiliki sejumlah besar taman bermain, beberapa museum fantastis untuk anak-anak dan Schloss Schönbrunn yang indah tempat anak-anak dapat berdandan.

2. San Francisco, AS

San Francisco sangat cocok untuk istirahat yang akan menyenangkan anak-anak dan memenuhi prinsip keberlanjutan Anda. Kota ini melarang kantong dan botol plastik bertahun-tahun lalu, mengalihkan 80 persen limbahnya dari TPA dan memiliki lebih dari 1000 hotel ramah lingkungan. Plus, sebagian besar hal menyenangkan yang dapat dilakukan dengan anak-anak dapat diakses tanpa menggunakan mobil dan banyak melibatkan ruang hijau, bersenang-senang dengan berbagai bentuk transportasi umum dan belajar tentang keberlanjutan.

Pergilah ke Exploratorium: museum sains luar biasa yang luar biasa di gedung bertenaga surya yang dirancang khusus, yang bertujuan untuk nol energi bersih.

3. Volcán Tenorio Area, Kosta Rika

Ketika Anda berpikir tentang membawa anak-anak Anda ke Kosta Rika, Anda biasanya fokus pada melihat satwa liar yang luar biasa. Tetapi bagaimana dengan memberikan kembali kepada penghuni manusia juga? Salah satu cara untuk mendukung komunitas lokal dan memahami budaya Tico adalah dengan tetap di pertanian, dan ada banyak pilihan indah di sekitar Volcan Tenorio dan Río Celeste. Anak-anak dapat membantu merawat hewan dan belajar tentang metode pertanian tradisional.

Dasarkan diri Anda di Bijagua, sebuah kota kecil yang merupakan pemimpin besar dalam pariwisata masyarakat pedesaan karena koperasi di belakang Heliconias Rainforest Lodge.

4. Wales

Untuk wilayah yang relatif kecil, Wales memberikan pukulan besar dalam hal kegiatan berkelanjutan untuk anak-anak. Berkemah di salah satu dari banyak tempat perkemahan hijau di sekitar Pembrokeshire atau bepergian ke utara ke Pusat Teknologi Alternatif di Powys, tempat anak-anak dapat bersenang-senang belajar tentang kehidupan yang berkelanjutan. Jangan lupa untuk bermain-main dengan rollercoaster bertenaga manusia di dunia di GreenWood Forest Park yang ramah lingkungan di Snowdonia.

5. Fiji

Tinggalkan tempat peristirahatan dan kapal pesiar di belakang dan pergilah dari jalanan terpencil untuk tinggal di homestay desa. Anak-anak Anda akan mempelajari semua tentang budaya Fiji dan uang Anda akan langsung ke komunitas. Dengan anak-anak yang lebih besar, Anda dapat melangkah lebih jauh dan menjadi sukarelawan di proyek konservasi laut dan komunitas, dengan bantuan organisasi yang memiliki reputasi baik.

Jika Anda memilih sebuah resor, menginaplah di salah satu seperti Jean-Michel Cousteau Resort di mana para tamu dapat terlibat dalam penanaman karang.

6. Afrika Selatan

Sebagai negara yang telah lama memiliki kebijakan pariwisata yang bertanggung jawab, Afrika Selatan menghadirkan banyak peluang untuk mengeksplorasi budaya dan lingkungannya yang luar biasa secara berkelanjutan. Ini juga sangat menyenangkan bagi keluarga, dengan pengamatan satwa liar yang mudah (dan di banyak cagar alam Anda dapat terlibat dengan membantu) dan beragam pengalaman dan pemandangan untuk dijelajahi.

Mulai pencarian Anda untuk operator yang bertanggung jawab di Afrika Selatan di Fair Trade Tourism.

7. Ekuador

Negara kecil Amerika Selatan ini memimpin dalam perjalanan yang berkelanjutan, dengan operator yang fokus pada pelestarian cara hidup asli dan dunia yang secara ekologis penting dari Kepulauan Galapagos dan hutan hujan Amazon. Anak-anak Anda dapat mempelajari semua tentang pentingnya evolusi dan mengapa gaya hidup kita perlu berkelanjutan, naik kereta wisata yang bertanggung jawab secara sosial (Tren Ecuador) dan menggunakan sepeda untuk turun di Ruta de las Cascadas yang terkenal.

8. Taman Nasional Khao Sok, Thailand

Di Taman Nasional Khao Sok, Anda dapat menunjukkan kepada anak-anak Anda sisi yang berbeda dari Thailand sambil meminimalkan efek keluarga Anda pada lingkungan yang luar biasa ini. Gunakan pemandu lokal untuk memperkenalkan Anda dengan flora dan fauna yang menakjubkan dan buat pangkalan Anda di salah satu pondok yang dimiliki masyarakat, yang berfokus pada masyarakat. Anda bahkan dapat bermalam di rumah rakit pedesaan di Danau Chiaw Lan, yang tidak menggunakan listrik selama Anda tinggal.

Keluarga yang aktif akan menyukai arung jeram yang ramah lingkungan, bersepeda, berenang, dan hiking di Anurak Lodge.

9. Tasmania, Australia

Tasmania adalah tempat ajaib bagi keluarga. Dari berjalan di atas pohon hingga bermain-main di kapal, dan dari bermain-main di pasir hingga kegiatan “Discovery Ranger” yang ramah keluarga yang tersedia di taman nasional, ada banyak hal untuk membuat semua orang senang; dan keindahannya adalah jarak yang kecil. Ada juga etos yang kuat dalam menggunakan produk yang bersumber secara lokal (dan lezat!) Dan pendekatan berkelanjutan jangka panjang untuk konservasi satwa liar dan perlindungan hutan belantara.

10. Dude Ranches, AS

Mengunjungi peternakan laki-laki (peternakan sapi yang bekerja di mana pengunjung disambut) sangat menyenangkan bagi keluarga: ada langkah yang berbeda dalam hidup (bayangkan hari berorientasi pada pekerjaan pertanian, keluar di udara segar) dan semua orang dapat mencoba sesuatu yang baru , apakah itu menunggang kuda, menari baris atau memancing. Karena mereka bekerja di peternakan, tidak sulit untuk menemukan peternakan laki-laki yang berfokus pada swasembada dan keberlanjutan, dan banyak yang bekerja dengan hati-hati untuk mendukung masyarakat setempat.

sumber: bisnis.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s