Jaringan Muda Dukung Mandatori Biodiesel Sawit 30% (B3o)

Jaringan Muda Dukung Mandatori Biodiesel Sawit 30% (B3o)

InfoSAWIT, JAKARTA – Presiden Joko Widodo telah meresmikan implementasi program biodiesel campuran minyak sawit 30% (B30) atau Bahan Bakar Nabati. Hal ini menjadi salah satu program pemerintah dalam mendukung penciptaan energi baru terbarukan ramah lingkungan dan perlu mendapatkan dukungan dari berbagai pihak.

Mengingat, minyak kelapa sawit yang merupakan bahan dasar B30 sangat berlimpah di Tanah Air yang pemanfaatannya perlu dilakukan semaksimal mungkin dalam negeri serta untuk menciptakan kemandirian bangsa. Hal ini sangat disambut baik oleh kalangan anak muda Indonesia.

Arsyad Prayogi selaku Ketua Jaringan Indonesia Muda (JIM) mengatakan, sebelumnya Indonesia hanya mengekspor bahan mentah minyak sawit (CPO), namun saat ini Indonesia mulai menggunakan sendiri dalam negeri sebagai bahan bakar nabati. “kita mulai kurangi ekspor CPO mentah dan perluas hilirisasi dalam industri minyak sawit Indonesia,” katanya dalam keterangan resmi diterima InfoSAWIT, Senin (23/12/2019).

Lebih lanjut kata Arsyad cara demikian bisa menghemat Devisa negera, juga memberikan keuntungan bagi masyarakat, pemerintah, petani, perusahaan dan yang terpenting adalah keberlanjutan ekosistem.

Lantaran penggunaan minyak yang berasal dari fosil semestinya sudah mulai dikurangi pengunaannya demi menjaga ekosistem kehidupan. Sebab bahan bakar dari fosil tidak bisa didaur ulang dan semakin menipis stoknya.

“Program biodisel B30 adalah jawaban dalam menjaga keberlanjutan lingkungan dan pengurangan emisi gas rumah kaca. Ini momentum yang tepat untuk menginformasikan pada dunia Internasional akan kontribusi Indonesia dalam menyikapi perubahan iklim pada sektor energi dan transportasi,” kata Harry Hanawi selaku Wakil Ketua Umum Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia (APROBI). (T2)

Sumber: infosawit.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s