Selebritas Penghasil Karbon Emisi Terbesar Dunia

Bill Gates

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK — Sejumlah selebritas terkenal telah disebut oleh para peneliti sebagai penghasil emisi super atas jejak karbon berbahaya mereka. Jennifer Lopez, Paris Hilton dan Emma Watson adalah di antara 10 bintang yang kebiasaan terbangnya dianalisis untuk studi akademik yang dilakukan oleh Lund University di Swedia.

Dilansir dari Independent, Jumat (25/10), disebutkan tim peneliti mengumpulkan data dari masing-masing akun media sosial selebritas sepanjang 2017. Berdasarkan unggahan dari platform daring A-listers, para peneliti memperkirakan mil udara rata-rata mereka menggunakan rute paling langsung yang memungkinkan serta emisi CO2 mereka.

Bill Gates, miliarder Microsoft, ditemukan memiliki jejak karbon terbesar dari 10 selebritas yang kebiasaan perjalanannya diperiksa oleh penelitian.

Para peneliti memperkirakan bahwa Gates melakukan 59 penerbangan pada 2017, menempuh jarak 343.000 km (213.000 mil).

Penelitian tersebut mengasumsikan ia terbang dengan jet pribadinya, yang sebelumnya ia gambarkan sebagai ‘kesenangan yang salah’ dan ‘pengeluaran besar’, dan menghitung bahwa penerbangannya menghasilkan 1.600 ton karbon dioksida pada tahun 2017 saja.

Padahal, rata-rata orang menghasilkan sekitar 10 ton CO2 setiap tahun. Namun, Gates dan istrinya Melinda sangat fokus pada filantropi, setelah menyumbangkan lebih dari 2 miliar dolar AS pada tahun 2016 untuk penyebab yang terkait dengan kesehatan global dan pembangunan dan pendidikan AS.

Pengusaha itu juga mengelola The Gates Foundation, yang mendukung program-program yang menjangkau 45 negara di seluruh Afrika dan untuk membantu para pemimpin dan lembaga lokal memetakan jalan mereka sendiri untuk mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesehatan.

Paris Hilton berada di urutan kedua dalam daftar dengan total 68 penerbangan pada 2017, mencapai 170.877 mil dan lebih dari 1.261 ton CO2 tahun itu. Yang ketiga dalam daftar adalah penyanyi dan aktor Jennifer Lopez yang diperkirakan telah mengambil 77 penerbangan pada 2017, menempuh jarak 139.187 mil dan mengeluarkan 105 ton karbon dioksida.

Sementara itu Emma Watson berada di urutan ke 10 dalam daftar dan menghasilkan lebih sedikit CO2 daripada selebritas lainnya yang ditampilkan dalam penelitian ini. Namun, pada 15 ton karbon dioksida, Watson masih menghasilkan 1,5 kali lebih banyak daripada orang biasa.

Menurut para peneliti, aktris tersebut terbang 14 kali pada 2017 dengan menempuh jarak 42.253 mil. Studi tersebut menyatakan bahwa ia menahan diri untuk tidak menggunakan jet pribadi dan hanya terbang dengan maskapai komersial.

“Emma membayar untuk mengimbangi semua emisi karbon perjalanan udara melalui ClimateCare.org,” kata juru bicara Emma Watson.

Selebritas lain yang tampil dalam penelitian ini adalah pembawa acara talk show Oprah Winfrey, pendiri Facebook Mark Zuckerberg, CEO Quibi Meg Whitman, mendiang perancang busana Karl Lagerfeld, pembalap felix von der Laden dan pesepakbola Andre Schurrle.

sumber: republika.co.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s