Jokowi Curhat Ditegur PBB dan IMF Karena Banyak Manfaatkan Batu Bara

Jokowi, Batu Bara, Energi Baru dan Terbarukan, IMF, Indonesian Mining Awards 2019

Presiden Jokowi menceritakan pengalamannya ditegur oleh Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres dan Managing Director IMF Kristalina Georgieva karena Indonesia masih banyak memanfaatkan batu bara untuk pembangkit listrik. Jokowi menyampaikan pengalamannya tersebut dalam acara Indonesian Mining Awards 2019.

Jokowi mengatakan, dirinya sempat bertemu Guterres saat menghadiri KTT Asean di Bangkok, Thailand. Ketika itu, Guterres meminta agar Jokowi hati-hati dengan urusan pertambangan, khususnya batu bara. “Dia mengajak saya agar Indonesia mulai mengurangi penggunaan batu bara untuk pembangkit listrik,” kata dia dalam pidato pada acara Indonesian Mining Awards 2019 di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Rabu (20/11)

Beberapa waktu setelahnya, Jokowi bertemu dengan Kristalina. Jokowi tak menyangka Kristalina menyampaikan hal yang sama dengan Guterres. Kristalina meminta Jokowi berhati-hati atas penggunaan batu bara untuk pembangkit listrik. “Yang saya kaget, kok mengatakan hal yang sama,” kata dia.

Kepada Guterres dan Kristalina, Jokowi lantas menjawab bahwa Indonesia sampai saat ini masih membutuhkan batu bara untuk pembangkit listrik. Menurut Kepala Negara, Indonesia sudah berupaya untuk memanfaatkan energi baru dan terbarukan (EBT).

Hal itu di antaranya terlihat dari keberadaan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) di Sidrap, Jeneponto yang memanfaatkan angin. Indonesia juga sudah membangun Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Sungai Mamberamo, Papua dan Sungai Kayan, Kalimantan Utara.

Indonesia juga berupaya memanfaatkan tenaga panas bumi (geothermal) untuk pembangkit listrik. Hanya saja, hal tersebut masih belum cukup untuk memenuhi kebutuhan energi dalam negeri. “Karena memang untuk mengubah langsung, mengganti langsung, saya kira kita perlu tahapan. Saya sampaikan seperti itu,” kata Jokowi.

Dari pengalamannya tersebut, Jokowi menilai dunia saat ini sudah menuju kepada pemanfaatan energi yang ramah lingkungan ketimbang menggunakan batu bara. Dia pun mengingatkan para pengusaha tambang yang tergabung dalam Indonesian Mining Association (IMA) untuk bersiap atas perubahan tersebut. “Semua harus mulai siap-siap dan hati-hati,” ucapnya.

sumber: katadata.co.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s