KTT Iklim PBB di Madrid Rasakan Tekanan Untuk Kurangi Emisi Gas Karbon

Antonio Guterres, Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa, ke-3 kiri, selama acara Pleno Iklim Global di kongres pembicaraan iklim COP25 di Madrid, Spanyol, Rabu, 11 Desember 2019. (Foto: AP/Paul White)

Delegasi Amerika yang menghadiri konferensi iklim di Madrid tampaknya berusaha untuk tidak tampak menonjol. Namun wakil dari hampir 200 negara dalam ruang sidang yang besar itu merasakan tekanan untuk memperkuat sasaran pengurangan emisi gas karbon ditengah berbagai peringatan gawat tentang dampak gas rumah kaca.

Tidak jauh dari kantor perwakilan resmi Amerika itu terdapat kios Pusat Aksi Iklim Amerika yang dikunjungi oleh ketua DPR Amerika Nancy Pelosi minggu lalu.

Kendati Presiden Trump berencana menarik Amerika keluar dari Perjanjian Iklim Paris tahun depan, koalisi yang terdiri dari wakil-wakil negara bagian dan tokoh-tokoh bisnis bergerak ke arah yang berlawanan. Mereka mendukung target pengurangan emisi gas karbon dioksida. Kata para anggotanya, koalisi itu mewakili hampir 70 persen perekonomian Amerika.

Mariana Panuncio-Feldman, Direktur Badan Kerjasama Iklim Internasional World Wildlife Fund mengatakan, “para anggota koalisi melihat adanya kesempatan untuk mengembangkan ekonomi berdasarkan sumber-sumber energi bersih, dan melihat kemungkinan untuk membuka lapangan kerja baru serta perbaikan kualitas hidup bagi penduduk dunia.”

Pemerintah Amerika akan terus ikut dalam berbagai diskusi iklim internasional dan “menawarkan model-model yang pragmatis dan realistik. Hal tersebut akan ditunjang oleh fakta-fakta yang menunjukkan inovasi dan sistem pasar terbuka akan menciptakan kemakmuran, lebih sedikit polusi dan lebih banyak sumber energi yang kuat, kata pernyataan Departemen Luar Negeri Amerika. [ii/em]

sumber: voaindonesia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s