Viral, Dua Bule Bersihkan Pantai di NTB dari Sampah

Viral, Dua Bule Bersihkan Pantai Lakey dari Sampah

Dompu – Pantai Lakey di NTB menjadi tujuan wisata peselancar dunia. Tapi karena banyak sampah, dua turis ini bersihkan sampah di pantai tiap hari.

Sampah plastik memang kerap ditemukan di bibir pantai yang ada, namun tak sedikit orang yang justru membiarkan ataupun acuh tak acuh terhadap keadaan tersebut baik orang asing, lebih-lebih warga lokal yang ada di sekitar pantai.

Namun hal itu berbeda dengan dua orang asing berkebangsaan New Zeland dan Italia yang sedang berlibur. Mereka adalah Verena dan Craig.

Sambil menikmati masa liburan, mereka justru melakukan apa yang tidak dilakukan oleh wisatawan asing lainnya seperti mereka.

Verena dan Craig memungut sampah yang ada di sepanjang Pantai Lakey. Kegiatan itu mereka lakukan hampir setiap hari. Mereka lakukan itu semata-mata karena prihatin dengan keadaan pantai yang setiap hari selalu saja dipenuhi oleh sampah.

Sampah-sampah yang mereka pungut tadi lalu dikumpulkan di tempat mereka menginap dan selanjutnya akan dibawa ke tempat penampungan sampah.

“Hampir setiap hari mereka memungut sampah disini, saya sebagai warga lokal merasa malu dengan itu, sehingga saya juga ikut melakukannya dengan mereka,” kata Samad, seorang pemandu wisata di Lakey pada detikcom.

Selain karena prihatin dengan kebersihan pantai, mereka rupanya juga ingin memberi contoh kepada warga lokal untuk ikut menjaga ekosistem pantai dari bahaya sampah. Terutama untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat yang mengunjungi pantai agar tidak membuang sampah sembarangan.

sumber: detik.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s