Gawat! Gletser di Salah Satu Gunung Islandia Hilang

Image result for okjokull

Reykjavik – Belum lama kita dikejutkan gletser mencair di Pegunungan Alpen hingga menghilangkan jalur pendakiannya. Kini, kejadian serupa terjadi di Islandia.

Seperti dilihat detikcom dari Instagram CNN Climate, Kamis (22/8/2019), ada penyusutan drastis gletser di Gunung Okjokull. Pengamatan itu dilakukan dari tahun 1986-2019.

Hasilnya, dari foto udara terlihat gletser hampir hilang dari Gunung Okjokull. Tentu ini akibat dari perubahan iklim yang begitu cepat melingkupi bumi kita.

Padahal, seperti diketahui, Islandia adalah negara yang ada di Lingkar Arktik. Musim Dingin dengan ciri-ciri kawasan tundra lebih dominan di sana. Kalau gletser sampai hilang, ini gawat namanya.

Ini adalah gletser Islandia pertama yang hilang karena perubahan iklim. Pada hari Minggu (18/8), para ilmuwan datang mengenang Gunung Okjokull, yang dikenal dengan singkatan Ok, dengan sebuah plakat yang berisi peringatan.

“Ok adalah gunung gletser Islandia pertama yang kehilangan statusnya sebagai gletser. Dalam 200 tahun ke depan, semua gletser kita akan mengikuti jalan yang sama. Monumen ini untuk menyatakan bahwa kita tahu apa yang terjadi dan tahu apa yang perlu dilakukan. Hanya kamu yang tahu jika kami melakukannya,” bunyi plakat itu dalam bahasa Inggris dan Islandia.⁣

Jika gletser terus mencair dengan sangat cepat akan menimbulkan sejumlah bahaya bagi planet ini, kata ahli geologi. Potensi bahayanya, seperti perpindahan penduduk secara paksa karena bencana, pulau terpencil tenggelam, pasokan air bersih berkurang, makanan jadi langka dan penduduk di pesisir kena banjir rob.

Sebelumnya, dalam kasus parahnya pemanasan global, Pegunungan Alpen punya 3 rute yang sudah hilang. Ada sekitar 26 rute yang kini mulai mengkhawatirkan karena hampir hilang.

Tim spesialis gunung di Universitas Savoie Mont Blanc menilai jadwal pendakian yang optimal ada di Musim Semi dan Musim Gugur. Kalau begini, tak sampai 10 tahun, Pegunungan Alpen tak lagi bisa dijelajahi.

sumber: travel.detik.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s