Ketika 2.000 Mahasiswa Atmajaya Kenakan Masker “Hutanku Napasku”…

Tak kurang dari 2000 mahasiswa baru Universitas Atmajaya Jakarta serempak menggunakan masker hijau bertulis Hutanku Napasku, Sabtu (17/8/2019). Aksi ini merupakan bagian dari program yang digagas Hutan itu Indonesia untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya hutan.

KOMPAS.com – Ribuan mahasiswa baru Universitas Atmajaya Jakarta, terlihat tampil beda pada, Sabtu (17/8/2019) pagi.

Sebab, tak hanya mengenakan jaket almamater berwarna jingga, tak kurang dari 2.000 mahasiswa itu pun serempak mengenakan masker hijau bertuliskan “ Hutanku Napasku”.

Ternyata, Universitas Atmajaya menjadi salah satu dari dua universitas yang bekerjasama dengan organisasi Hutan itu Indonesia, selain Universitas Indonesia.

Hutan itu Indonesia adalah gerakan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya hutan.

Gerakan ini telah didukung lebih dari 40 mitra yang tersebar di seluruh Indonesia, dengan 380 sukarelawan.

Secara keseluruhan, dalam program “Hutanku Napasku” akan dibagikan sebanyak 30.000 masker serupa secara gratis di wilayah Jabodetabek

Nah, acara di kampus Atmajaya pagi ini pre-activation yang akan dilanjutkan dalam acara puncak di sela Program Cinta Kampus Universitas Indonesia 2019.

Dalam puncak kampanye yang digelar pada 23 Agustus 2019 akan terlibat 8.500 mahasiswa baru UI, yang bakal mengenakan masker serupa.

Pesan dari kampanye ini adalah mengajak anak muda perkotaan untuk merayakan pentingnya hutan untuk menyediakan udara bersih demi napas Indonesia.

Bagi masker gratis 

Selanjutnya, tak kurang dari 200 sukarelawan akan membagikan masker tersebut di acara Car Free Day di sekitar kampus Universitas Atmajaya pada tanggal 25 Agustus 2019.

Selain itu, gerakan serupa akan dilakukan di titik-titik transportasi publik, seperti Stasiun Palmerah di Jakarta, Stasiun Sudimara di Tangerang, Stasiun Depok, dan Stasiun Bekasi.

Pembagian tersebut bakal dilakukan pada 26-28 Agustus 2019, di pagi dan sore hari.

“Dengan memakai masker ini, harapannya kita akan ingat, dan juga mengingatkan orang di sekitar kita tentang hebatnya hutan yang walaupun jauh di mata, selalu menjaga hidup kita,” kata Riry Silalahi.

Riry adalah salah satu pendiri serta koordinator kampanye “Hutanku Napasku” di gerakan Hutan itu Indonesia.

Kompetisi kreatif 

Dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com disebutkan, para pemakai masker juga bisa mengikuti kompetisi dengan mengunggah foto atau video kreatif sambil memakai masker ” Hutanku Napasku” di Instagram atau Twitter.

Video dan foto itu harus dilengkapi dengan tagar #HutankuNapasku, serta mem-follow dan tag akun @HutanituID, dan mengajak tiga teman lain.

“Enam orang dengan foto atau video dan caption yang paling keren akan kami ajak jalan-jalan gratis ke hutan,” kata Riry lagi.

Lebih jauh Riry mengatakan, kalaupun tidak mendapatkan masker khusus gratis dari Hutan itu Indonesia, semua orang tetap bisa turut berpartisipasi dalam kampanye ini.

Caranya adalah dengan membuat masker “Hutanku Napasku” sendiri, dengan menggunakan pensil.

Foto atau video kreatif dengan masker buatan sendiri juga bisa diikutsertakan dalam kompetisi media sosial “Hutanku Napasku”.

Indonesia memiliki hutan hujan tropis ketiga terluas di dunia, yang merupakan rumah beragam flora dan fauna.

Kondisi ini sekaligus menjadikan Nusantara sebagai salah satu wilayah dengan keanekaragaman terkaya di dunia.

Pemerintah Indonesia belum lama ini mengeluarkan kebijakan yang tidak akan lagi mengeluarkan izin pembukaan lahan baru di hutan primer, sebagai bentuk perlindungan hutan.

“Kami mengusulkan hari ditandatanganinya peraturan ini diresmikan sebagai Hari Hutan Indonesia.”

“Supaya kita punya satu hari khusus setiap tahun untuk merayakan kekayaan milik kita bersama ini,” kata Andre Christian, Ketua Hutan itu Indonesia.

Kini, ada lebih dari 1,4 juta orang telah menandatangani petisi mendukung ditetapkannya Hari Hutan Indonesia.

sumber: kompas.com

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s