Konsep Hybrid Daihatsu Pakai Spion Kamera dan Pintu Geser

Konsep Hybrid Daihatsu Pakai Spion Kamera dan Pintu Geser

Jakarta, CNN Indonesia — Produsen mobil terbesar di Indonesia, Astra Daihatsu Motor (ADM), menunjukkan untuk pertama kalinya di dunia mobil konsep hybrid pertama bernama Hy-Fun di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019.

Nama Hy-Fun merupakan akronim dari ‘Hybrid’ dan ‘Fun’ (senang). Penamaan itu menyesuaikan tema awal mobil konsep ini ‘personal’ dan ‘smart entertainment’ yang ditujukan buat anak muda dengan keinginan memiliki mobil berteknologi canggih, berpenampilan modern, dan punya konektivitas luas.

Konsep Hybrid Daihatsu Pakai Spion Kamera dan Pintu Geser

Hy-Fun merupakan mobil konsep yang dirancang menggunakan platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture). Di stan Daihatsu di GIIAS, Hy-Fun dipajang dekat dengan mobil produksi massal pertama berbasis DNGA, yaitu Tanto.

“Hy-Fun yang kami bikin ini kelanjutan dari GIIAS 2018 di mana waktu itu kami menjelaskan sistem hybrid untuk Daihatsu. Sekarang ini kami coba kembangkan menjadi model kendaraan,” kata Soni Satriya, Design Engineering Executive Coordinator ADM, Selasa (23/7).

Pengembangan Hy-Fun dilakukan oleh prinsipal di Jepang, namun dibantu masukan dari ADM. Bentuk bodi MPV yang dipilih dijelaskan karena segmen ini paling digemari di dalam negeri dan dikatakan tetap demikian pada masa depan.

Konsep Hybrid Daihatsu Pakai Spion Kamera dan Pintu Geser

Eksterior Hy-Fun dirancang kekinian, semua lampunya LED dan pada bagian gril depan ada lampu-lampu yang bisa berubah warna. Bagian atap dibentuk dari kaca, spion menggunakan kamera dengan penampang visual pada dasbor, pelek 20 inci, tidak ada gagang pintu sebab untuk membuka pintu memakai teknologi pengenalan wajah, dan semua pintu samping terbuka pakai sistem geser.

Hy-Fun memiliki kapasitas enam penumpang, empat jok di baris pertama dan kedua bisa diputar 360 derajat termasuk jok sopir. Dua jok paling belakang bisa terlipat hingga terkesan tersembunyi.

Soni menjelaskan ada banyak hal di kabin yang mencerminkan gaya anak muda, yaitu jok futuristik, dasbor dengan berpenampang visual lebar, perintah suara, dan terdapat permainan Virtual Reality (VR).

Fitur keselamatan yang ada pada Hy-Fun yakni pencegah benturan depan, pengurang risiko salah injak pedal, peringatan pindah jalur, dan lampu jauh adaptif.

Sejauh ini informasi yang dibeberkan ADM hanya demikian, belum ada pernyataan resmi soal mesin. Bila melongok ke kolong mobil, konsep ini juga belum memiliki sistem gerak.

Konsep Hybrid Daihatsu Pakai Spion Kamera dan Pintu GeserMobil konsep hybrid Daihatsu Hy-Fun di GIIAS 2019. (CNN Indonesia/Febri Ardani)
Konsep Hybrid Daihatsu Pakai Spion Kamera dan Pintu GeserMobil konsep hybrid Daihatsu Hy-Fun di GIIAS 2019. (CNN Indonesia/Febri Ardani)

(fea)

Sumber: cnnindonesia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s