Pulau di Yunani Ini Sedang Mencoba Untuk Sepenuhnya Beralih Ke Energi Terbarukan

tilos greece

Polusi yang terjadi dimana-mana mulai membuat banyak orang khawatir dengan masa depan bumi sehingga mulai menyadari pentingnya penggunaan energi terbarukan.

Salah satunya adalah Pulau Tilos yang ada di Yunani ini. Pulau ini sendiri memproduksi energi listrik dari pembangkit listrik diesel yang bergantung pada bahan bakar fosil.

Namun ternyata pembangkit listrik diesel ini dapat mengancam aktivitas tektonik di pulau tersebut sehingga memiliki resiko yang cukup fatal.

Oleh karena itu pulau ini mulai membuat proyek yang disebut dengan proyek TILOS yang didanai oleh Uni Eropa untuk mengembangkan penggunaan energi terbarukan dan menjadikan pulau ini sebagai pulau pertama di kawasan Mediterania yang menggunakan energi terbarukan.

Para pemimpin proyek fokus untuk membuat sistem energi hibrid yang dapat memproduksi sekaligus menyimpan energi.

Sistem yang akan dibangun terdiri dari turbin angin 800 kW, sistem fotovaltik tenaga surya 160 kW, dan baterai dengan kapasitas 2,4 MWh untuk memastikan adanya pasokan energi listrik baik siang dan malam terlepas dari kondisi cuaca.

Proyek ini menggunakan smart meter dan perangkat lunak manajemen sisi permintaan untuk memuluskan distribusi energi listrik ke rumah-rumah.

Sistem ini awalnya hanya mencakup 70% kebutuhan listrik di pulau itu. Namun sistem ini akan mencakup 100% kebutuhan listrik di pulau tersebut dalam waktu dekat.

Selain Tilos, masih ada berbagai pulau di negara-negara lainnya seperti Jerman, Perancis, Spanyol, dan Portugal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s