Mobil Listrik Bukan Ide yang Bagus Untuk Mengatasi Kerusakan Bumi?

mining cobalt

Mobil listrik menjadi salah satu cara untuk memperbaiki kerusakan bumi yang disebabkan oleh polusi udara. Selain itu, cara ini juga dilakukan untuk menggantikan bahan bakar fosil yang nantinya akan habis.

Tentunya mobil listrik dianggap sebagai solusi yang paling efektif dalam mengatasi kerusakan bumi. Namun, ternyata ada yang mengatakan bahwa mobil listrik malah bisa merusak bumi lebih parah lagi.

Hal ini sendiri disampaikan oleh Profesor Richard Herrington dari Natural History Museum. Richard dan beberapa ahli pun sudah memperkirakan dampak yang akan terjadi jika mobil listrik yang diproduksi menjadi semakin banyak.

Dalam pernyataannya, jika 2 milyar mobil listrik diproduksi maka produksi neodimium dan disprosium harus ditingkatkan sebanyak 70%. Selain itu, tembaga harus diproduksi 2 kali lebih banyak dan kobalt juga harus diproduksi 3 setengah kali lebih banyak.

Selain banyaknya bahan tambang yang diperlukan, Richard juga mengatakan bahwa energi yang diperlukan dalam pembuatan mobil listrik sangatlah banyak.

Dalam pernyataannya itu, ia mengatakan bahwa kira-kira energi listrik yang dibutuhkan untuk memproduksi setiap ton dari kobalt dan tembaga membutuhkan listrik sebanyak 17.000 KWh agar dapat memproduksi mobil listrik.

Electric Bike in France

Tentunya jumlah energi listrik ini belum termasuk penggunaan listrik yang diperlukan untuk mengisi daya mobil listrik itu sendiri.

Hal ini sudah pasti menjadi sebuah pekerjaan rumah untuk para produsen mobil listrik agar dapat memproduksi mobil listrik yang lebih baik lagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s