Jalan Panel Surya Mulai Digunakan di Perancis Dalam Upaya Memenuhi Kebutuhan Listrik

solar roadway in france

Sinar matahari adalah salah satu sumber energi terbarukan yang sampai saat ini masih terus digunakan. Alat yang digunakan untuk mengubah sinar matahari menjadi energi listrik adalah panel surya.

Namun pengembangan penggunaan energi dari sinar matahari mengalami rintangan yaitu sempitnya lahan yang dapat digunakan untuk memasang panel surya. Akibatnya, hanya ada sedikit panel surya yang dapat dipasang.

Tapi ternyata ada solusi yang cukup efektif yaitu membuat jalan panel surya. Solusi ini sudah diterapkan di Perancis.

Dylan Ryan dari Universitas Edinburgh Napier mengatakan bahwa jalan panel surya yang dipasang di Perancis ini memiliki kekuatan maksimum 420 KW  seluas 2800 m2 dengan biaya 5 juta euro untuk memasangnya.

solar roadway  empty

Jalan panel surya ini diperkirakan dapat menghasilkan 800 KWh per harinya. Ternyata jalan panel surya ini dapat menghasilkan sebanyak 409 KWh per harinya. Tentunya ujicoba jalan panel surya ini bisa dikatakan berhasil.

Namun, sayangnya ada berbagai masalah dalam penerapan solusi ini yang disebebakan oleh tekanan termal dan masalah penyegelan sendi. Bahkan sudah ada 5% dari plat panel surya yang dipasang sudah diganti.

Selain Perancis, ada juga negara yang menerapkan solusi ini yaitu China dan Belanda yang masing-masing membuat jalan raya panel surya dan jalur sepeda panel surya.

Semoga saja solusi ini bisa segera aditerapkan di Indonesia !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s