Percaya Nggak? Manusia Konsumsi 52 Ribu Partikel Plastik Per Tahun

Manusia mengonsumsi 52 ribu partikel mikroplastik selama setahun. Foto: iStock

Jakarta – Penggunaan plastik sudah merajalela di bumi ini, sehingga kini penggunaan plastik sudah mulai dikurangi. Percaya nggak percaya, setiap tahunnya manusia makan dan menghirup puluhan ribu partikel mikroplastik.

Hal ini diungkap oleh sebuah penelitian baru-baru ini oleh ilmuwan Kanada. Mereka menganalisis ratusan set data tentang kontaminasi mikroplastik dan membandingkannya dengan pola makan dan kebiasaan konsumsi orang Amerika.

Para ilmuwan itu menemukan bahwa seorang pria dewasa dapat menelan hingga 52 ribu partikel mikroplastik setiap tahunnya. Angka yang fantastis bukan?

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Environmental Science and Technology itu juga menunjukkan bahwa seseorang yang hanya minum air kemasan ternyata mengonsumsi 90 ribu partikel mikroplastik tiap tahunnya.

Namun para ilmuwan menekankan bahwa angka tersebut adalah perkiraan. Jumlah plastik yang dikonsumsi individu akan sangat bergantung pada di mana mereka tinggal dan apa yang mereka makan.

Mereka menambahkan, dampak pada kesehatan manusia dari konsumsi mikroplastik masih belum dipahami dengan baik. Alastair Grant, Profesor Ekologi di Universitas East Anglia mengatakan tidak ada bukti bahwa partikel plastik yang diidentifikasi dalam penelitian itu menimbulkan bahaya signifikan bagi kesehatan manusia.

“Namun partikel-partikel mikroplastik yang berdiameter lebih kecil dari 130 mikrometer memiliki potensi untuk berpindah ke jaringan manusia dan memicu respons imun lokal,” tulis penelitian itu dikutip dari Times of India.

Sumber: detik.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s