Singapura Sedang Membangun Salah Satu Sistem Tenaga Surya Terbesar di Dunia

Kali ini, Singapura telah meluncurkan rencana yang cukup ambisius yaitu membangun salah satu sistem tenaga surya terapung terbesar di dunia pada tahun 2021.

Lembaga terkait mengumumkan pada tanggal 6 Juni bahwa sistem berdaya 50 MWp ini akan dipasang di Waduk Tengeh dalam waktu 2 tahun.

Selain itu, menteri lingkungan hidup dan sumber daya air Singapura, Masagos Zulkifli mengatakan bahwa proposal akan diluncurkan untuk menarik perhatian perusahaan swasta agar mau mengambil alih sistem ini untuk 25 tahun ke depan.

Sistem ini diharapkan dapat mengimbangi 7% dari kebutuhan energi saat ini. Selain itu lembaga terkait yaitu Public Utilities Board (PUB) juga mengatakan bahwa sistem ini dapat mengurangi emisi karbon dioksida sebanyak 28.000 ton setiap tahunnya. Jumlah ini setara dengan emisi yang dikeluarkan oleh 6.000 mobil di negara tersebut.

Sistem ini tercatat dapat memasok energi listrik untuk 13.500 apartemen dengan 4 kamar setiap tahunnya.

Selain sistem ini, ada juga 2 sistem 1.5 MWp yang lebih kecil sedang diterapkan di reservoir yang ada di Bedok dan Lewor Seletar pada tahun 2020.

Jika sistem tenaga surya terapung sudah dibuat di Waduk Tengeh, Bedok, dan Lewor Seletar sudah jadi, kemungkinan dapat menyimpan energi dari sinar matahari sebesar 57 MWp. Jumlah ini cukup untuk memasok energi listrik untuk 15.500 apartemen setiap tahunnya.

Selain itu, PUB mengatakan bahwa sistem ini sedang dipasang di tempat lain seperti Bedok Waterworks, PUB WaterHub, Changi Water Reclamation Plant, dan lain-lain.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s