Sewa Motor Listrik Rp50 ribu Seharian Buat Keliling Jakarta

Sewa Motor Listrik Rp50 ribu Seharian Buat Keliling Jakarta

Jakarta, CNN Indonesia — Skuter listrik Viar Q1 yang pernah diklaim merupakan sepeda motor listrik pertama di Indonesia dengan STNK kini tak perlu dibeli buat dikendarai. Q1 telah menjadi armada buat bisnis baru, sewa motor listrik, yang diinisiasi startup bernama Vrent.

Vrent merupakan layanan E-Motor sharing yang berdiri pada 2019, operasinya didukung 20 stasiun penyewaan yang tersebar di Jakarta dan bakal ditambah hingga 180 stasiun sebelum 2020.

Bisnis sewa motor listrik sebenarnya bukan hal baru di Jakarta, sebelumnya sudah ada penyedia sewa serupa bernama Migo. Meski begitu, Migo sempat dipermasalahkan kepolisian dan Kementerian Perhubungan karena tidak memiliki izin operasional dan produk yang disewakan tidak pernah diuji tipe agar laik jalan.

Beda dari pola itu, Vrent menyebut Q1 yang disewakan sudah dilengkapi surat laik jalan untuk menjamin keamanan pengguna di jalan raya.

CTO Vrent Joshua dalam keterangan resminya menjelaskan perusahaannya berkolaborasi dengan Triangle Motorindo sebagai pemegang merek Viar untuk pengadaan Q1. Aplikasi sewa, yang jadi platform penyewaan, bekerja sama dengan pemilik aplikasi Gowes, Surya Teknologi Perkasa (STP).

Biar bisa mendapat layanan, pengguna mesti mengunduh aplikasi Gowes melalui Google Play Store sebelum menggunakan layanan rental.

Joshua mengatakan untuk tahap awal wilayah operasional Vrent hanya di Jakarta.

“Fokus kami yang terpenting, bagaimana agar masyarakat dapat mulai beralih menggunakan kendaraan listrik untuk mengurangi polusi di Jakarta,” kata Joshua.


Tarif sewa Q1 dihitung per 15 menit, yakni Rp2.500. Selain per menit, pengguna juga bisa menyewa seharian sebesar Rp50 ribu. Khusus rental harian, unit dibekali charger baterai sehingga penyewa dapat melakukan pengecasan di rumah.

Selain bisa cas sendiri, penyewa juga dapat mengunjungi Vrent Station terdekat yang bisa diketahui lokasinya dari aplikasi.

Direktur Pemasaran Triangle Motorindo Sutjipto menjelaskan Viar dan Vrent memiliki visi dan misi yang sama untuk mencari solusi agar mengembalikan langit Jakarta kembali biru dan ramah bagi masyarakat.

“Kami merasa hadirnya Vrent akan menjadi jawaban dari masalah transportasi yang ada dan sedikit banyak memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin mencoba mengendarai motor listrik,” kata Sutjipto. (ryh/fea)

Sumber: cnnindonesia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s