Tujuh Hal Penting Dalam Energi Untuk Bumi Yang Lebih Hijau Lagi

Image result for tenaga hijau

Di zaman sekarang, bumi sedang menghadapi berbagai masalah seperti bencana alam, perubahan iklim, peningkatan suhu bumi, dan lain-lain. Tentunya ada banyak cara untuk mengatasi semua masalah ini.

Salah satu solusinya adalah dengan mengembangkan energi terbarukan. Berikut ini adalah 7 hal penting yang ada di dalam energi untuk mengatasi masalah kerusakan bumi.

1. Angin Lepas Pantai Image result for angin

Ya, angin sangat penting dalam pengembangan energi terbarukan karena dapat dipakai untuk memasok energi listrik. Selain itu, angin sangat mudah untuk didapat apalagi di negara tropis seperti Indonesia.

Bahkan turbin angin terbesar di dunia dapat menghasilkan daya listrik sebesar 10 megawatt. Jumlah tersebut dapat mengisi daya listrik untuk 9.000 rumah.

Selain itu, meningkatnya persaingan bisnis tenaga angin pun juga memberikan keuntungan ekonomi.

2.”Power to-X” 

Image result for power to x

Ini adalah metode penyimpanan energi listrik berlebih dari pembangkit listrik yang dapat digunakan kembali seaktu-waktu ketika dibutuhkan.

Metode ini dapat menangani masalah kekurangan ataupun kelebihan energi yang dihasilkan oleh pembangkit listrik energi tenaga angin sehingga energi listrik yang tersimpan dapat tetap disalurkan walaupun daya listrik yang dihasilkan tidak mencukupi.

Selain itu, kelebihan listrik yang disimpan dapat digunakan untuk keperluan seperti pembuatan gas hidrogen dan memasok listrik untuk stasiun pengisian daya listrik untuk mobil listrik.

3. Hidrogen Image result for hidrogen

Hidrogen juga menjadi alternatif untuk menggantikan bahan bakar mobil yang biasanya didapat dari bensin ataupun solar. Selain itu hidrogen juga cukup fleksibel untuk digunakan.

Mitsubishi Hitachi Power System bahkan berhasil menguji turbin skala besar karena hidrogen. Dalam percobaan tersebut, turbin tersebut menggunakan 30% hidrogen sehingga dapat mengurangi emisi rumah kaca hingga 10%.

4. Turbin Gas Berefisien Tinggi Image result for turbin gas

Ya, turbin gas sendiri dapat memenuhi kebutuhan energi di masa depan yang menjadi tantangan bagi industri energi di masa depan. Apalagi gas alam diperkirakan akan mengalami pertumbuhan yang tercepat di tahun 2030.

Pertumbuhan tersebut bisa terjadi karena pembangkit listrik bertenaga gas alam bisa menghasilkan 65%-70% lebih sedikit gas karbondioksida sehingga dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar.

5. Penangkapan dan Penyimpanan Karbon Image result for penyimpanan karbon

Walaupun bahan bakar fosil akan ditinggalkan, namun bahan bakar fosil tetap memiliki peran yang penting dalam energi dunia sehingga penting untuk meningkatkan efisensi penggunaannya dengan cara mengurangi jejak karbonnya.

Metode dari penyimpanan karbon ini mengekstrasi emisi gas dari pembangkit listrik dan mencegah gas rumah kaca mencapai atmosfer.

Bahkan fasilitas untuk menerapkan metode ini sudah didirikan di Texas dan berhasil menyimpan 90% gas emisi rumah kaca yang dihasilkan yang nantinya dipompa ke bawah tanah.

6. Energi Dari Sisa Limbah Image result for limbah

Energi bisa didapat dari adanya energi termal yang dihasilkan oleh pembakaran limbah dan dimasukkan ke dalam jaringan listrik. Metode ini memiliki keuntungan yaitu dapat memenuhi kebutuhan energi sekaligus menghilangkan limbah yang ada.

Bahkan sebuah peternakan di Turki dapat menghasilkan energi listrik dari kotoran burung dan juga ayam. Selain itu, Mitsubishi Heavy Industries juga menggunakan kotoran ayam untuk menghasilkan energi listrik.

7. Pembangkit Listrik Otomatis  Image result for listrik

Teknologi pembangkit listrik otomatis ini juga mengandalkan Artificial Intelligence alias kecerdasan buatan. Metode ini memungkinkan terhubungnya jaringan listrik yang satu dengan yang lainnya.

Sistem yang terintegrasi dari metode ini bahkan diperkirakan dapat menghemat listrik hingga 10%.

Selain itu, teknologi ini dapat memantau pembangkit listrik secara otomatis sehingga dapat meningkatkan kinerja. Teknologi ini sendiri sudah dibuat oleh Mitsubishi Hitachi Power System.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s