Sebuah Suku Asli Amazon Memenangkan Gugatan Hukum Terhadap Pertambangan Minyak

Girl from Amazon Guarani tribe. Used for illustration not a member of the mentioned tribe.

Seperti yang kita tahu, pertambangan minyak biasanya dapat mengakibatkan pencemaran lingkungan. Akibatnya, para penduduk sekitar pun terkena dampaknya. Biasanya penduduk sekitar memilih bungkam dalam masalah ini.

Namun suku asli Amazon yang bernama Waorani di Ekuador ini berani menggugat perusahaan pertambangan minyak yang beroperasi di sekitar wilayah mereka. Bahkan mereka berhasil memenangkan gugatan hukum yang diajukan di bulan ini.

Dalam sidang, pengadilan mengatakan bahwa pemerintah tidak berhak untuk melelang tanah suku asli Amazon untuk penambangan minyak tanpa persetujuan mereka.

Dampak dari sidang ini adalah pelelangan 16 blok minyak yang seluas lebih dari 7 juta hektar pun terganggu karena tanah tersebut milik suku Waorani.

Waorani tribe

Pada awalnya, suku Waorani merupakan sebuah suku nomaden dengan anggota berjumlah 2.000 orang. Namun, suku ini mengalami kesulitan untuk berhubungan dengan dunia modern sejak adanya kontak dengan kelompok misionaris.

Suku ini pun mulai kehilangan sebagian besar tanah mereka karena mulai digunakan untuk kepentingan bisnis minyak dan kayu. Waorani tribe location

Wilayah suku Waorani ( hijau muda) 

Hal inilah yang akhirnya membuat suku ini pun berdemonstrasi pada tanggal 26 April lalu. Mereka pun menempuh jalan hukum dalam usaha mendapatkan tanah mereka kembali.

Di pengadilan, suku Waorani menuduh bahwa pemerintah Ekuador belum meminta izin mereka dalam membuka wilayah mereka untuk penambangan minyak. Waorani tribal leader

Sebenarnya secara konstitusional, pemerintah Ekuador berhak untuk membuka pertambangan minyak dimanapun mereka mau. Namun, hal itu harus mendapat persetujuan dari warga sekitar.

Menurut ketua suku Waorani, para pejabat kementrian pernah mengunjungi suku tersebut di tahun 2012 untuk meminta izin mereka. Namun, pada saat itu suku itu menolak permohonan tersebut.

Pada akhirnya, pengadilan memutuskan bahwa wilayah suku ini tidak dapat dijadikan sebagai wilayah penambangan minyak.

Pada Mei 2019, Presiden Ekuador dan para pejabat dikirimi email oleh 30.000 orang yang isinya menuntut agar mereka menghormati hak-hak suku asli Amazon itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s