5 Solusi Untuk Memenuhi Kebutuhan Pangan Di Tahun 2050

Asian Chinese little girl eating spaghetti at outdoor cafe

Pada saat ini, bumi ditinggali oleh 7,6 milyar manusia. Tentunya bahan pangan yang dibutuhkan tidaklah sedikit. Apalagi angka ini mungkin meningkat menjadi 10 milyar di tahun 2050.

Tentunya kita membutuhkan lebih banyak lagi pasokan bahan pangan. Bahkan WRI memperkirakan bahwa kebutuhan pangan manusia di tahun 2050 akan meningkat sebesar 56%.

Tentunya hal ini menjadi permasalahan yang harus ditangani. Namun, untungnya WRI memberitahu solusi dari permasalahan ini. Berikut adalah 5 solusinya

Kurangi permintaan bahan makanan dengan mengurangi sisa makanan milk

Menurut data dari laporan WRI, diperkirakan ada sepertiga dari jumlah makanan di dunia hilang selama proses produksi sampai akhirnya dikonsumsi manusia.

Para penulis laporan juga menyarankan agar orang-orang mulai beralih ke pola makan yang lebih sehat seperti vegetarian.

Hasilkan lebih banyak tanaman dengan memproduksi lebih efisien wheat nebraska

Cara untuk menerapkan metode ini adalah dengan meningkatkan produktivitas susu dan daging, memperbaiki sistem irigasi dan lahan.

Laporan itu juga memperingatkan bahwa jika sistem produksi pangan tidak lebih efisien, maka pada tahun 2050 kita akan memerlukan lebih banyak lahan lagi sehingga dapat menyebabkan penebangan hutan secara massal yang akhirnya berdampak pada kepunahan ribuan spesies.

Selain itu, bumi ini akan lebih panas lagi walaupun emisi gas rumah kaca tidak digunakan lagi jika metode ini tidak diterapkan.

Melindungi ekosistem alam dengan membatasi alih fungsi lahan Amazon rainforets

Nentinya beberapa lahan pertanian pasti akan ditinggalkan dan tidak digunakan lagi. Tentunya kita harus melakukan reboisasi dan restorasi untuk mempertahankan ekosistem alami yang ada.

Jika ada daerah yang membutuhkan perluasan lahan pertanian seperti di Afrika, laporan ini menyarankan untuk menggunakan lahan dengan tanah yang berbiaya karbon rendah.

Meningkatkan pasokan ikan  fish market

Laporan tersebut mengatakan bahwa upaya penangkapan ikan di seluruh dunia perlu mengalami penurunan sebesar 5% per tahun selama 10 tahun. Hal ini bertujuan untuk memulihkan persediaan ikan.

Ada banyak cara untuk meningkatkan budidaya ikan seperti pengendalian penyakit di antara spesies ikan atau mengurangi penangkapan ikan yang berlebihan.

Mengurangi gas emisi rumah kaca dari produksi pertanian greenhouse gas emissions

Endapan nitrogen dalam kotoran hewan dan urine berubah menjadi nitro oksida dengan laju kira-kira 2 kali lipat lebih banyak daripada nitrogen dalam pupuk.

Seperti yang kita tahu, kita dapat mengurangi gas emisi rumah kaca dengan mengurangi konsumsi protein hewani. Laporan tersebut menyarankan untuk menanam tanaman dengan mengurangi gas emisi rumah kaca dan meningkatkan penggunaan pupuk yang dapat mengurangi limpasan nitrogen.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s