Beginilah Cara Unik Singapura Dalam Menjaga Singapura

Seperti yang kita tahu, bumi sudah mulai rusak sehingga berbagai negara mulai mencoba untuk melestarikan lingkungan. Salah satu solusinya tentu adalah menanam pepohonan di berbagai tempat.

Namun, tentunya hal ini sulit dilakukan oleh negara-negara yang memiliki wilayah yang sempit. Akan tetapi, Singapura yang merupakan negara terkecil di Asia Tenggara ini bisa melakukannya.

Caranya adalah pemerintah menanam tanaman di atas atap dari bus-bus umum yang ada di negara tersebut. Metode ini mulai dieksekusi pada tanggal 5 Mei sebagai tanda dimulainya studi 3 bulan tentang apakah bus dapat menghemat konsumsi bensin yang digunakan untuk pendingin udara.

Inisiatif yang disebut dengan “Garden On The Move” ini diluncurkan oleh perusahaan GWS Living Art di Singapore Garden Festival Holticulture Show di Lakeside Garden.

Dengan dukungan Temasek Foundation, GWS Living Art merancang bus beratap hijau pertama di Asia dengan penggunaan Gaiamat yang merupakan sejenis tikar ringan yang lebih bersih dan ekonomis daripada sistem atap hijau berbasis tanah.

Zac Toh, pendiri GWS Living Art mengatakan bahwa timnya sudah bekerja selama berbulan-bulan untuk menyusun desain agar sistem atap hijau ini tetap aman di atas atap.

Gaiamat saat ini lebih umum digunakan di industri yang berfungsi untuk melindungi permukaan dari sinar matahari langsung untuk mengurangi suhu bangunan sehingga menghemat energi yang digunakan untuk sistem pendingin udara.

Tanaman yang akan ditanam di atas atap bus pun merupakan tanaman yang dipilih secara khusus yang dapat beradaptasi terhadap kondisi cuaca Singapura dan juga kondisi yang kering dan berangin.

Tanaman yang ditanam di atas atap bus merupakan jenis Netha Kina dan Yellow Creeping Daisy. 

Sebelumnya, sistem atap hijau yang menggunakan Gaiamat sudah diterapkan di atas berbagai atap terminal bus, bangunan, dan bahkan sekolah yang ada di Singapura.

Dr. Tan Chun Liang dari National University of Singapore akan menilai keefektifan dari bus beratap hijau ini dalam studi yang dibuat dalam waktu 3 bulan ini.

Bus beratap hijau ini akan beroperasi di seluruh penjuru Singapura, termasuk distrik pusat bisnis yang ada dan Orchard Road.

Berikut adalah nomor-nomor bus yang menggunakan sistem atap hijau ini: 139, 145, 13, 39, 45, 58, 59, 81, dan 125.

Selain itu, bus yang menggunakan sistem atap hijau ini akan beroperasi di rute antara Chinese Garden MRT dan Lakeside Garden.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s