Ternyata Akan Banyak Makanan Yang Musnah Jika Lebah Punah

There would likely be no coffee or avocados if bees went extinct.

Seperti yang kita tahu, lebah madu berperan sebagai penyerbuk bagi tanaman agar tanaman dapat berproduksi. Bahkan sepertiga tanaman yang ada di dunia membutuhkan lebah madu agar dapat bereproduksi.

Namun, sayangnya di saat ini koloni lebah madu menyusut dengan cepat. Pada tahun 2017, para peternak lebah madu di Amerika Serikat melaporkan bahwa mereka kehilangan lebah sebanyak 40% dari sarang mereka.

Untungnya, lebah sendiri masih belum mengalami ancaman kepunahan. Namun, jika masalah ini tidak segera ditangani, maka lebah akan punah dan petani pun kesulitan menghasilkan bahan-bahan makanan seperti sayuran dan buah-buahan.

Saat ini para ilmuwan masih mencari tahu apa penyebab dari menurunnya populasi lebah madu saat ini. Namun para ilmuwan menduga bahwa penyebabnya adalah paparan pestisida, parasit, hama, dan perubahan cuaca yang disebabkan oleh perubahan iklim.

Sebuah perusahaan mikrobioma yang bernama Seed bahkan juga ikut mencoba menyelesaikan masalah ini. Perusahaan ini membuat probiotik berbentuk cakram bernama BioPatties yang diharapkan dapat membuat lebah madu menjadi lebih kuat terhadap penyakit dan pestisida.

Walaupun BioPatties bukan satu-satunya probiotik lebah di pasaran, BioPatties telah menunjukkan tanda-tanda awal untuk mengurangi efek insektisida neonicotionid pada lebah.

Pada tanggal 3 Mei, perusahaan ini bekerjasama dengan kolektif kuliner Ghetto Gastro untuk menyediakan sarapan dengan bahan makanan yang mungkin hilang jika lebah punah di tahun 2100.

Acara ini menunjukkan bahwa kita sangat bergantung pada lebah dan memberikan pandangan pada kita tentang kehancuran yang akan terjadi jika lebah punah. Berikut adalah tampilan dari hasil kerjasama tersebut.

Acara tersebut menggandeng Ghetto Gastro, kolektif kuliner yang berbasis di Bronx untuk menyajikan makanan yang berhubungan dengan lebah madu. 

Di setiap meja makan tertulis apa saja bahan makanan yang hilang jika lebah punah.

Rata-rata makanan yang disajikan disini adalah sayuran dan buah-buahan karena sayuran dan buah-buahan membutuhkan lebah sebagai penyerbuk. 

Beginilah makanan yang disajikan di tempat ini. 

Ini adalah probiotik yang dibuat oleh Seeds untuk membuat lebah menjadi lebih kuat terhadap penyakit dan pestisida.

Semoga saja cara ini bisa mengatasi masalah penurunan populasi lebah ya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s