Harga Bensin di Amerika Serikat Meningkat Karena Banjir

Flooding Continues To Cause Devastation Across Midwest

Baru-baru ini terjadi banjir di bagian tengah wilayah Amerika Serikat yang menghancurkan kehidupan dan indsutri di wilayah tersebut.

Akibatnya, harga bensin di Amerika Serikat meningkat tajam. Setiap tahunnya pasti ada kenaikan harga bensin, namun pada tahun ini harganya meningkat tajam karena adanya bencana banjir ini.

Ini yang sedang terjadi dan apa yang bisa diperkirakan di musim panas:

Etanol adalah zat yang terbuat dari gula atau jagung yang biasanya ditambahkan ke dalam bensin yang ada di Amerika Serikat. Namun jumlah etanol yang ditambahkan diatur pemerintah AS. Tapi biasanya bensin tidak mengandung lebih dari 10% etanol.

Di Amerika sendiri etanol dibuat dari jagung yang ditanam di bagian tengah Amerika Serikat. Sedangkan etanol di Brazil dibuat dari gula.

Banjir di bagian tengah Amerika Serikat yang menjadi pusat penghasil etanol menyebabkan lonjakan harga etanol karena jalur transportasi yang rusak karena banjir.

Sejumlah kilang etanol tidak dapat memproduksi etanol. Namun beberapa tempat masih bisa memproduksi etanol dalam jumlah yang cukup banyak tapi tidak bisa mengirimnya ke luar kota.

Tentunya para produsen etanol yang terdampak banjir tidak bisa mengambil keuntungan dari lonjakan harga etanol. Namun, para produsen Texas dan California yang tidak terdampak banjir juga ikut menaikkan harga.

Harga etanol impor dari Brazil juga ikut naik karena para pemasok bensin mulai berbondong-bondong menggunakan etanol dari negara tersebut. Masalah ini baru bisa selesai jika jaringan transportasi di daerah penghasil etanol sudah selesai diperbaiki.

Namun, persediaan etanol tidak menjadi masalah secara langsung karena Amerika Serikat sendiri masih memiliki persediaan etanol yang cukup banyak. Namun, jumlah persediaan etanol tergantung dari kondisi jagung yang ada di daerah tengah Amerika Serikat.

Jika hasil panen jagung rendah, maka tentunya persediaan etanol menjadi lebih sedikit sehingga akhirnya harga etanol pun melonjak. Akibatnya, harga bensin yang menngandung etanol pun juga ikut naik.

Mungkin saatnya untuk pemerintah Amerika Serikat untuk merevisi kebijakan etanol negara tersebut untuk memastikan bahwa persediaan jagung negara tersebut bisa juga digunakan untuk pasokan makanan.

Sejumlah kecil etanol memang diperlukan untuk membuat bensin, namun tentunya menggunakan 40% pasokan jagung negara tersebut untuk membuat etanol dalam pembuatan bensin bukanlah ide yang bagus.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s