Tingkat Karbondioksida Global Mencapai Tingkat yang Berbahaya Lagi

Image result for demonstrasi hari bumi

Konsentrasi karbondioksida global telah mencapai angka 405,5 bagian dari 1 juta bagian pada tahun 2017. Ini adalah rekor tertinggi sejak pencatatan oleh manusia dimulai. Hal ini sendiri dikemukakan oleh Organisasi Meteorologi Dunia (WMO). Bahkan jumlah metana, dinitrogen oksida, CFC 11 juga meningkat.

” Ilmu pengetahuannya jelas. Tanpa pengurangan yang cepat dalam CO2 dan gas rumah kaca lainnya, perubahan iklim akan memiliki dampak yang semakin rusak dan tidak dapat diubah pada kehidupan di bumi,” kata Sekretaris Jenderal WMO, Petteri Taalas dalam sebuah pernyataan.

“Terakhir kali bumi memiliki konsentrasi CO2 yang sebanding adalah 3-5 juta tahun yang lalu dimana pada saat itu suhu rata-rata bumi lebih tinggi 2-3 derajat celcius dan permukaan air laut lebih tinggi 10-20 meter daripada sekarang.

Menurut ilmuwan energi dan lingkungan dari Universitas Manitoba, Vaclav Smil mengatakan bahwa itu tidak mungkin terjadi dengan cepat untuk mengehentikan perubahan iklim.

“Beberapa proses ini mungkin terlihat beberapa perubahan yang relatif cepat dalam beberapa dekade ke depan, tetapi mereka tidak akan mengikuti tingkat peningkatan eksponensial seperti microchip,” tulisnya dalam IEEE Spectrum Magazine.

Laporan MWO  ini menjadi bahan diskusi di pertemuan untuk membahas perjanjian dan peraturan perubahan iklim internasional yang diadakan di Katowice, Polandia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s