Pemanasan Global Dapat Menyebabkan Laut Menjadi Sangat Asam Seperti 14 Juta Tahun Lalu

great barrier reef satellite

Seperti yang kita pernah dengar, limbah plastik dapat mengarah ke tingkat polusi laut yang parah dan mengancam habitat banyak hewan dan tanaman di laut.

Kita juga tahu bahwa tabir surya dapat memutihkan karang dan menghancurkan terumbu karang, bahkan dapat menyeimbangkan keseimbangan hormon berbagai hewan laut.

Namun, ternyata ada dampak yang lebih buruk lagi. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Earth and Planetary Science Letters, lautan di bumi bisa menjadi sangat asam seperti 14 juta tahun yang lalu.

Pemanasan Bumi Bukanlah Satu-satunya Masalah Yang Disebabkan Oleh CO2 

Penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan dari Universitas Cardiff di Wales menemukan bahwa kadar karbondioksida akan menjadi sangat tinggi seperti 14 juta tahun yang lalu ketika suhu rata-rata bumi 3 derajat celsius lebih tinggi. Karena pemanasan global yang cepat, pH akan turun secara dramatis pada tahun 2100.

Pengasaman air laut terjadi ketika pH air laut menurun karena penyerapan CO2 dari atmosfer. Sepertiga dari emisi CO2 dihasilkan dari pembakaran bahan bakar fosil yang telah berlangsung sejak revolusi industri. Sejak periode itu dimulai, sudah ada 525 miliar ton CO2 yang dilepas ke lautan.

FILE PHOTO: Smoke is seen from a chimney in Altay, Xinjiang Uygur Autonomous Region, China January 24, 2018. REUTERS/Jason Lee

pH Laut Akan Sama Rendahnya Seperti 14 Juta Yang Lalu 

Para ilmuwan memeriksa nilai pH air dan kandungan CO2 selama 22 juta tahun terakhir.

“Catatan geologis baru kami tentang pengasaman laut menujukkan kepada kita bahwa pada lintasan emisi ‘bisnis seperti biasa’ kami saat ini, kondisi kelautan tidak akan seperti yang dialami oleh ekosistem laut selama 14 juta tahun terakhir,”kata Sinida Sosdian, penulis utama studi tersebut dalam sebuah pernyataan.

Tetapi bahkan nilai pH saat ini sangat rendah:”pH saat ini mungkin lebih rendah daripada waktu dalam 2 juta tahun terakhir,”kata Carrie Lear, rekan penulis studi ini. Di juga menambahkan bahwa untuk memahami apa arti dari masalah ini bagi ekosistem laut memerlukan studi laboratorium dan lapangan jangka panjang serta pengamatan tambahan dari catatan fosil.

Kerusakan Besar Terhadap Kehidupan Laut Tidak Bisa Lagi Dihindari 

Meskipun para ilmuwan masih terus melakukan percobaan lebih lanjut untuk menetapkan konsekuensinya, perubahan tetap diperlukan dalam beberapa dekade ke depan.

Jika kita melanjutkan seperti yang kita lakukan sekarang, pengasaman berlebih tidak hanya akan menghancurkan terumbu karang tetapi juga ekosistem laut. Hal tersebut terjadi karena banyak hewan laut yang bergantung pada tumbuhan laut sebagai sumber makanan.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s