Apple Menciptakan Dana Sebesar $300 juta Untuk Membangun Tenaga Surya di China

renewable_energy_apple_hongyuancn_sunpower_040918

Apple mencapai tumpukan uangnya untuk membantu persebaran tenaga surya dan angin di seluruh China.

Si pembuat iPhone ini telah bekerjasama dengan 10 pemasok komponennya untuk menciptakan dana sebesar $300 juta yang akan diinvestasikan dalam sumber energi terbarukan di China selama 4 tahun ke depan.

Dana yang disebut “China Clean Energy Fund” ( Dana Energi Bersih China) ini akan dikelola oleh DWS Group, unit manajemen aset Deutsche Bank.

Idenya adalah dana tersebut dapat diinvestasikan dalam dalam pembangkit listrik baru sehingga perusahaan yang membuat suku cadang untuk Apple dan pemasoknya memiliki akses yang lebih baik ke sumber energi terbarukan. Di China, dimana banyak pemasok Apple berbasis, berarti banyak energi surya dan angin.

Apple tidak merinci berapa banyak dana $300 juta yang akan datang dari kasnya dan seberapa banyak 10 pemasoknya akan berkontribusi.

Apple berharap dana sebesar $300 juta ini dapat membantu mengembangkan proyek energi terbarukan yang saat ini tidak ada. Apple mengatakan bahwa proyek yang diinvestasikan akan berjumlah lebih dari 1 gigawatt energi terbarukan.

Bagian dari alasan dana ini adalah membantu perusahaan kecil yang bekerja untuk Apple menemukan energi bersih. Sementara pemasok besar mungkin dapat menegosiasikan kesepakatan energi terbarukan yang hemat biaya. Sedangkan produsen yang lebih kecil mungkin memiliki daya ungkit yang lebih rendah.

Itu penting karena Apple mengatakan pada awal tahun 2018 bahwa mereka ingin pemasoknya menjalankan energi bersih sebesar 100%. Pada bulan April 2018 diumumkan bahwa fasilitasnya sendiri didukung sepenuhnya oleh energi terbarukan, termasuk Apple Park yang merupakan kantor pusatnya yang memiliki instalasi tenaga surya 17 megawatt di atapnya.

Berikut ini adalah pemasok Apple yang ikut berinvestasi dalam dana tersebut:

  1. Catcher Technology
  2. Compal Electronics
  3. Corning Incorporated
  4. Golden Arrow
  5. Jabil
  6. Luxshare-ICT
  7. Pegatron
  8. Solvay
  9. Sunway Communication
  10. Wistron

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s