Perusahaan minyak terbesar di dunia mulai menyiapkan dana untuk energi terbarukan

Renewable energy solar panel

Perusahaan minyak terbesar di dunia, Vitol sedang menyiapkan dana untuk kerjasama dengan perusahaan Low Carbon yang nantinya akan diinvestasikan dalam pengembangan energi terbarukan di seluruh Eropa. Hal ini disampaikan langsung oleh kedua perusahaan tersebut.

Vitol yang menjual 7 juta barel minyak mentah dan produknya setiap harinya dan Low Carbon yang merupakan perusahaan investasi swasta mengumumkan pembentukan dana berbasis Jersey-VLC Renewables yang akan memiliki alokasi awal sebesar $ 234 juta untuk diinvestasikan dalam proyek pembangkit energi terbarukan Eropa.

Kedua perusahaan tersebut juga mengatakan bahwa Vitol telah melakukan investasi awal dan peluang investasi dapat ditawarkan pada pihak ketiga.

Dana baru awalnya akan menargetkan investasi di angin darat dan lepas pantai. Dana ini akan diinvestasikan dalam proyek pada berbagai tahap siklus pengembangan, termasuk pengembangan tahap akhir, konstruksi, dan operasi.

“Pada tahun 2025 hampir 27% listrik Eropa akan dihasilkan dari angin dan matahari. Sebagai peserta utama di pasar listrik Eropa dan sebagai investor yang signifikan dalam infrastruktur energi di seluruh dunia, Vitol ingin membangun portofolio investasi terbarukan untuk melengkapi kegiatan yang ada”, kata Simon Hale.

Roy Bedlow, kepala eksekutif di Low Carbon juga berkomentar mengenai penciptaan dana baru:

” Pada intinya Low Carbon berkomitmen untuk mengatasi perubahan iklim dan mengurangi emisi karbon melalui investasi jangka panjang ke ruang infrastruktur hijau. Kami yakin sangat mungkin untuk menyediakan semua energi yang kita butuhkan melalui sumber-sumber terbarukan dan dana ini akan membantu kami melanjutkan ambisi kami.”

Vitol adalah perusahaan terbaru dari perusahaan yang fokus pada minyak yang telah melakukan investasi terhadap pengembangan energi terbarukan.

Pada akhir tahun 2017, British Petroleum mengatakan akan menginvestasikan sebesar $200 juta di Lightsource, perusahaan pengembangan tenaga surya terbesar di Eropa selama 3 tahun untuk 43% saham dalam bisnis ini.

Pada bulan Juni 2018, perusahaan ini mengatakan akan membeli perusahaan pengisian kendaraan listrik terbesar di Inggris, Chargemaster.

Pada tahun 2017, Shell menandatangani kesepakatan untuk membeli NewMotion, salah satu jaringan pengisian kendaraan listrik terbesar yang berbasis di Belanda. Shell juga bermitra dengan konsorsium yang melibatkan beberapa pembuat mobil terbesar di Eropa untuk membangun jaringan stasiun pengisian kendaraan listrik cepat di seluruh benua.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s