Luhut Sebut Defisit Gas Bisa Diganti Energi Terbarukan

Luhut Sebut Defisit Gas Bisa Diganti Energi Terbarukan

Jakarta, CNN Indonesia — Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan pemerintah tak perlu mengimpor gas, meski cadangan gas berpotensi defisit pada 2025 mendatang.

Menurut Luhut, kebutuhan gas dalam negeri bisa digantikan dengan energi baru terbarukan (EBT) yang kini sedang dikembangkan.

“Ya kan banyak sekarang bisa menggunakan teknologi EBT, misalnya contoh ya seperti angin solar panel kemudian biodisel,” tutur Luhut, Jumat (3/8).

Menurut Luhut, mayoritas industri dalam negeri memang lebih menyukai impor dibandingkan dengan mengakalinya menggunakan bahan bakar alternatif produk dalam negeri.

“Kayak biodisel saja kalau digunakan 6 juta ton dalam dua tahun ke depan, itu akan membuat harga kelapa sawit US$750-US$800 per ton,” ucap Luhut.

Sebelumnya, Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar mengatakan potensi defisit ini terjadi karena permintaan melampaui pasokan gas yang tersedia.

Pemerintah melakukan simulasi permintaan gas dengan tiga skenario pada periode 2018-2027. Pertama, pemerintah menghitung permintaan berdasarkan jumlah konsumsi tahun lalu.

Proyeksi dibuat berdasarkan pertumbuhan permintaan gas lima tahun terakhir, tapi mengecualikan program pemerintah seperti gas rumah tangga dan gas untuk transportasi.

Kemudian, cara penghitungan lainnya dengan cara memasukkan faktor Proyeksi dibuat berdasarkan pertumbuhan permintaan gas lima tahun terakhir, dengan mengecualikan program pemerintah seperti gas rumah tangga dan gas untuk transportasi.

Terakhir, pemerintah memperhitungkan kapasitas maksimal pabrik dan target pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Maka itu, Arcandra menuturkan pemerintah bakal mendahulukan kebutuhan gas dalam negeri dibandingkan ekspor. Namun, jika cadangan gas tak terpenuhi juga untuk domestik, ESDM berencana untuk impor gas dalam bentuk Liquefied Natural Gas (LNG). (lav/lav)

Sumber: cnnindonesia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s