JK: 2.000 MW Listrik/Tahun Ditargetkan dari Energi Terbarukan

Foto: Wapres JK (Noval Dhwinuari Anthony/detikcom)

Jakarta – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) pemerintah menargetkan pemenuhan 25% energi terbarukan hingga tahun 2025. Sumber energi dari energi terbarukan dan gas akan baik untuk udara Jakarta di masa depan.

“Pilihan untuk renewable energy dan juga gas (25 persen) itu penting sekali untuk tahun 2025. Itu udara dan juga energi di Jakarta ini akan lebih baik daripada sebelumnya, karena nanti kehidupan manusia makin banyak, makin ingin sehat, makin ingin bersih, makin ingin lancar dan sebagainya,” ujar JK di Balai Kartini, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Rabu (29/8/2018).

Energi terbarukan dalam bentuk hidro, geothermal, tenaga surya, hingga arus laut dikatakan JK sangat menjadi perhatian pemerintah. Untuk itu pemerintah menargetkan minimal 2 ribu megawatt listrik dari energi terbarukan setiap tahunnya.

Selain itu, JK mengingatkan Indonesia harus mampu memenuhi target tambahan 35.000 megawatt listrik hingga 7 tahun mendatang. Jika tidak, Indonesia akan kekurangan energi.

“Seperti saya katakan tadi, penduduk bertambah, kemakmuran menambah, golongan menengah tidak ada lagi yang masak pakai apa, semuanya listrik. Makin tinggi apartemen di mana-mana, makin pakai listrik contohnya,” terang JK.

“Karena di apartemen tidak masak pakai gas, tapi masak dengan listrik. Begitu juga makin banyak ibu bekerja makin banyak pakai listrik, mesin cuci, kulkas, rice cooker. Rumah-rumah sederhana pun sekarang sudah punya, dan semua itu intinya energi,” imbuhnya.

Sumber: detik.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s