Ancaman Gubernur Bali pada PLTU yang Tak Ramah Lingkungan

Wayan Koster

Liputan6.com, Denpasar Gubernur Bali, Wayan Koster mengancam akan mencabut izin PLTU Celukan Bawang jika tak beralih menggunakan bahan dasar energi terbarukan. Hal itu dilakukan Koster untuk menegaskan komitmen clean and green energy yang dicanangkannya sebagaimana tertuang dalam konsep Nangun Sat Kerthi Loka Bali.

“Warga Bali butuh udara yang sehat, yang bersih,” kata Koster, Selasa 2 Oktober 2018.

Menurut Koster, PLTU Celukan Bawang dengan energi yang dihasilkannya sebesar 350 MW selama ini masih menggunakan bahan baku batubara yang mencemari lingkungan. Saat ini PLTU Celukan Bawang tengah mengajukan penambahan kapasitas produksi menjadi 700 MW.

Koster sendiri siap menyetujui keinginan PLTU Celukan Bawang itu, bahkan siap menambah kapasitas produksinya tiga kali lipat sepanjang menggunakan bahan dasar energi terbarukan.

“Saya sudah panggil investornya. Kalau masih menggunakan batubara saya tidak akan kasih izin. Kalau sudah dapat izin akan saya cabut. Saya siap memberikan izin kalau sudah beralih ke energi terbarukan semisal gas,” ujarnya.

Meski PLTU Celukan Bawang telah mengeluarkan dana untuk investasi, Koster tak mau mempedulikannya. Baginya, lebih penting melindungi kualitas udara yang akan dihirup oleh masyarakat Bali ketimbang membiarkannya tercemar batubara.

“Investor sudah menyiapkan investasinya untuk batubara. Saya sudah jelaskan ke investornya, lebih baik rugi sedikit tapi bisnis Anda berkelanjutan. Masyarakat Bali harus mendapat udara bersih. Nyerah dia (investor PLTU Celukan Bawang). Mau dia beralih ke gas,” terang Koster.

Sikap tegas Koster itu diapresiasi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan. “Saya diapresiasi Menteri ESDM. Baru ada gubernur di Indonesia ini yang menunjukkan komitmen terhadap energi terbarukan,” ungkap Koster menambahkan.

Sumber: liputan6.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s