Target Pemerintah Pusat Tahun 2025, Sumba 100 Persen Energi Terbarukan

Target Pemerintah Pusat Tahun 2025, Sumba 100 Persen Energi Terbarukan

POS-KUPANG.COM | WAIKABUBAK – Direktur Jenderal Energi dan Sumber Daya Mineral Kementerian ESDM, Maritje Hutapea mengatakan, pemerintah pusat menargetkan pada tahun 2025 Sumba 100 persen energi terbarukan.

Hal itu karena pulau Sumba memiliki sumber energi terbarukan sangat besar, tetapi belum dikelola secara maksimal. Sumber energi terbarukan tersebut adalah pembangkit listrik tenaga surya, angin, air dan lain-lain.

Maritje Hutapea menyampaikan hal itu dalam sambutannya pada acara rapat koordinasi pengembangan pulau Sumba sebagai ikon energi terbarukan yang diikuti pejabat pemerintah empat kabupaten di pulau Sumba di aula rapat Setda Sumba Barat, Selasa (21/11/2017).

Dikatakan, proses penelitian dan kajian pengembangan energi terbarukan di pulau Sumba dimulai tahun 2010-2011. Pada waktu itu nampak akses masyarakat Sumba terhadap listrik masih sangat rendah.

Mencermati kondisi jtu, demikian Hutapea, pemerintah pusat bertekad mengembangkan potensi pembangkit listrik terbarukan di pulau Sumba demi memenuhi kebutuhan listrik bagi masyarakat Sumba.

Dengan tambahan daya secara otomatis meningkatkan iklim investasi di daerah ini.

Misalnya pada tahun 2010 akses masyarakat Sumba terhadap listrik hanya sekitar 4,5 persen.

Sedangkan setelah dilakukan pembangunan pembangkit listrik mikrohydro, pembangkit tenaga surya dan angin hingga tahun 2016 meningkat menjadi 46 persen yang berdampak meningkat pula investasi di daerah ini sebesar Rp 160 miar lebih.

Pemerintah bertekad terus melakukan pembangunan pembangkit energi terbarukan di pulau Sumba demi menyejahterakan rakyat daerah ini. Target pemerintah pusat pada tahun 2025 pulau Sumba 100 persen menggunakan listrik bersumber dari pembangkit energi terbarukan.

Dengan tambahan daya listrik diyakini menambah pula nilai investasi pengusaha ke daerah ini. Lapangan pekerjaan semakin terbuka dan berujung meningkat pula tingkat kesejahteraan rakyat daerah ini.

Harapan melalui rapat ini dapat membangun sinergitas antar pemerintahan di Pulau Sumba demi mewujudkan 100 persen listrik bersumber dari energi terbarukan pada tahun 2025 mendatang.

Kegiatan rapat koordinasi program pengembangan pulau Sumba sebagai ikon energi terbarukan secara resmi dibuka Wakil Bupati Kabupaten Sumba Barat, Marthen Ngailu Toni.

Hadir pula Wakil Bupati Kabupaten Sumba Timur, Umbu Lili Pekuwali, S.T, M.T, Asisten II Setda SBD, Martinus Bulu dan perwakilan pemerintahan Sumba Tengah, LSM dan undangan lainnya. (*)

Sumber: tribunnews.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s