Iklim Tropis, Indonesia Cocok Kembangkan Energi Terbarukan

https: img-o.okeinfo.net content 2017 10 29 320 1804577 iklim-tropis-indonesia-cocok-kembangkan-energi-terbarukan-m9eAzmFRZa.jpg

JAKARTA – Mantan Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro mengharapkan pemerintah lebih mengembangkan lagi sumber daya energi baru dan terbarukan (EBT) yang memiliki potensi melimpah.

“Hidup di negara yang beriklim tropis dengan energi matahari yang cukup berlimpah dapat dimanfaatkan untuk pengembangan energi terbarukan, begitu juga dengan mengedepankan energi dari tenaga angin dan energi biodesel,” katanya.

Dalam seminar dengan tema “Optimalisasi Pengelolaan Energi Fosil dan Nonfosil di Indonesia” itu Purnomo menegaskan pentingnya pemanfataan EBT di Tanah Air. Menteri ESDM periode 2000-2009 tersebut mengidentifikasi energi fosil, nonfosil, dan EBT dengan menggunakan analisa “strength, weakness, opportunities, and threat” (SWOT) yang bermanfaat dalam merumuskan strategi kebijakan energi di Indonesia.

 Di sisi lain, Purnomo mengatakan hingga saat ini masyarakat masih belum bisa menerima keberadaan pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN), yang juga merupakan sumber EBT. “Selalu terjadi perdebatan pada nuklir karena menyangkut keamanan. Orang bilang, ‘aku mau nuklir, tapi aku tidak mau dibangun di pekarangan rumahku’,” katanya.

Menurut dia, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 79 Tahun 2014 tentang Kebijakan Energi Nasional, PLTN merupakan alternatif terakhir dari sumber energi dengan mengedepankan terlebih dahulu pemanfaatan energi terbarukan lainnya. Seminar dalam rangkaian Dies Natalis Ke-52 Universitas Trisakti itu dibuka Ketua Panitia Ratnayu Sitaresmi.

“Kegiatan ini diadakan untuk menambah pengetahuan dan sebagai sosialisasi, yang efektif antara dosen, mahasiswa, pemangku kebijakan, dan masyarakat,” kata Rahayu, yang juga dosen Universitas Trisakti itu.

Sumber: okezone.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s