Perencanaan Program Penting untuk Distribusikan Energi Terbarukan

Perencanaan Program Penting untuk Distribusikan Energi Terbarukan

Jakarta: Banyak kendala utama dalam mendistribusikan sumber daya energi terbarukan di beberapa daerah. Kendalanya muncul dari persoalan pendanaan, kurangnya lembaga pengelola dengan kapasitas managerial, kurangnya pemanfaatan listrik untuk kegiatan produktif, serta tidak terpenuhinya standar sosial dan lingkungan.

Direktur Energi Telekomunikasi dan Informatika (ETI) Bappenas Rachmat Mardiana melihat bahwa untuk mengatasinya diperlukan perencanaan program yang melibatkan pelaku usaha mikro sehingga bisa berdampak bagi masyarakat.

“Kami pun akan melihat pemanfaatan energi terbarukan tidak hanya dari sisi kelistrikan saja, tetapi juga dari sisi perencanaan program,” tutur Rachmat di Upper Room, Annez Building Wisma Nusantara, Jakarta, Rabu, 24 Januari 2018.

Nantinya, sambung dia, pihaknya berencana menggabungkan perencanaanya dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, sehingga bisa memberikan kompensasi bagi masyarakat.

Adapun untuk kegiatan yang difasilitasi oleh Millenium Challenge Account-Indonesia (MCA-I), tidak hanya berfokus di kawasan NTT, NTB, dan Sulawesi saja, namun beberapa daerah lainnya antara lain Sumatera dan Kalimantan.

“Dari kegiatan ini masyarakat pedesaan juga diedukasi mulai dari perencanaan hingga pemeliharaan,” pungkas Rachmat.

Sumber: metrotvnews.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s