Australia Bakal Jajaki Kerja Sama Energi Terbarukan dengan Sulawesi Selatan

Australia Bakal Jajaki Kerja Sama Energi Terbarukan dengan Sulawesi Selatan

TRIBUN-TIMUR.COM – Menteri Pertambangan dan Perminyakan, Perdagangan, dan Hubungan Asia Australia Barat, Bill Johnston MLA akan berkunjung ke Makassar, Sulawesi Selatan, pekan depan.

Kunjungannya untuk mempromosikan kapabilitas negara bagian Australia Barat dalam bidang energi terbarukan.

Johnston juga akan menjadi narasumber Seminar Energi Terbarukan Australia-Indonesia di Makassar, Senin (26/3/2018).

Dalam siaran pers Konsulat Jenderal Australia di Makassar, Sabtu (24/3/2018), seminar ini juga akan dihari sejumlah narasumber dari Tanah Air.

Mereka, antara lain perwakilan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral RI; General Manager PLN Distribusi Jawa Timur, Bob Saril; perwakilan Kadin Indonesia, Halim Kalla; Direktur Institut Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan, Tri Mumpuni.

Juga perwakilan Australia Indonesia Centre, Andre Susanto dan Direktur Puslitbang Ketenagalistrikan Universitas Hasanuddin, Bachtiar Nappu.

Seminar ini untuk menjalin hubungan antara para praktisi energi terbarukan di Indonesia bagian timur dengan para ahli dan praktisi energi terbarukan dari Australia.

Dalam lawatannya, Johnston akan didampingi Direktur Umum Horizon Power, Frank Tudor.

Horizon Power sebuah perusahaan penyedia pembangkit dan distribusi listrik terkemuka dan penuh inovasi yang memanfaatkan sumber energi terbarukan dan teknologi mikro-grid di daerah pedesaan dan pedalaman Australia Barat.

Selain itu, juga 30 peserta seminar dari Australia.

Mereka terdiri dari pengusaha yang bergerak pada bidang energi, calon investor, ahli energi terbarukan, dan akademisi.

Usai seminar, Johnston akan bertemu dengan beberapa pengusaha Indonesia, perwakilan perusahan asal Australia di Makassar, alumni perguruan tinggi di Australia, dan Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo untuk mendalami peluang bisnis di Sulawesi Selatan dan Indonesia timur.

“Kami sangat gembira bahwa Menteri Bill Johnston akan berkunjung ke Makassar. Beliau akan memberi pidato tentang kapasitas Western Australia untuk menyumbang kepada sektor energi terbarukan di Indonesia timur ini. Permintaan listrik meningkat pesat di Indonesia timur, khususunya yang berkelanjutan seperti tenaga surya, tenaga bayu dll; Australia mempunyai kemampuan terbukti dalam menyuplai proyek-proyek energi terbarukan,” kata Konsul Jenderal Australia di Makassar, Richard Mathews.

Sumber: tribunnews.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s