Arcandra: Realisasi Energi Terbarukan Hanya 8,43%

Foto Berita Arcandra: Realisasi Energi Terbarukan Hanya 8,43%

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta –

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar menegaskan bahwa beberapa tahun terakhir penggunaan energi di dunia sudah mulai beralih dari sumber energi fosil menuju sumber energi baru terbarukan (EBT).

Sejalan dengan hal tersebut, pemerintah juga menyatakan keseriusannya dalam pengembangan EBT di Indonesia dengan menargetkan porsi EBT dalam bauran energi pembangkitan tenaga listrik pada 2025 mencapai 23%.

“Energi terbarukan menjadi sumber energi yang tumbuh paling cepat di dunia, dengan konsumsi meningkat rata-rata 2,3% per tahun antara tahun 2015, Indonesia bertekad untuk meningkatkan bauran energinya menjadi 23% pada tahun 2025,” Kata Arcandra di Jakarta, Kamis (15/3/2018).

Menurut data dari International Energy Outlook 2017, Arcandra menjelaskan lebih lanjut bahwa apabila dibandingkan dengan energi fosil seperti batu bara, konsumsi batu bara sejak tahun 2000-an hingga saat ini tidak mengalami peningkatan yang signifikan, malah semakin lama akan digantikan oleh sumber energi nonfosil lainnya seperti gas bumi, dan energi terbarukan serta tenaga nuklir (khususnya di Tiongkok) untuk pembangkit tenaga listrik.

“Sebagai ilustrasi, Tiongkok negara yang selama ini konsumsi batu baranya terbesar di dunia, namun penggunaan batu bara diproyeksikan akan menurun sebesar 0,6% per tahun dari tahun 2015 sampai 2040,” jelas Arcandra.

Sumber: wartaekonomi.co.id

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s