RI Masih Sangat Bergantung pada Bahan Bakar Fosil

Co-founder dan Direktur Riset serta Advokasi Kebijakan Indonesian Energy and Environmental Institute (IE2I) Satya Hangga Yudha Widya Putra . Foto: ie2i.or.id

Pada kesempatan terpisah, Co-founder dan Direktur Riset serta Advokasi Kebijakan Indonesian Energy and Environmental Institute (IE2I) Satya Hangga Yudha Widya Putra menyatakan sebelumnya, Indonesia saat ini masih sangat bergantung pada bahan bakar fosil sebagai sumber energi utama.

Indonesia kini dihadapkan pada tantangan ketahanan energi di masa depan, di mana sumber daya minyak dan gas (migas) terus berkurang, bahkan sudah menjadi importir bersih untuk minyak maupun gas. Padahal, populasi penduduk bakal terus bertambah dari sekarang 263 juta jiwa dan permintaan listrik bakal melonjak, sejalan dengan pertumbuhan penduduk dan industri.

“Permintaan listrik di Indonesia bakal melonjak dan tak akan bisa terus-terusan dipenuhi dengan bahan bakar fosil. Oleh karena itu, pemerintah Indonesia dan sektor swasta harus mencari sumber-sumber energi lain bagi penyediaan listrik dan berpotensi tersedia selamanya, seperti energi terbarukan. Ini ada satu jenis energi bersih yang kerap terlupakan, yakni energi pasang surut,” paparnya.

Ia menjelaskan, daerah yang strategis bagi pengembangan energi pasang surut adalah di Selat Sunda, yang terletak antara Pulau Jawa dan Sumatera, sehingga lokasinya paling dekat dengan daerah-daerah berpenduduk terbanyak di Indonesia.

Ada pula Selat Toyopaket yang juga dapat menjadi opsi bagi energi pasang surut. Selat ini berada di gugus pulau antara Jawa dan Nusa Tenggara Timur, dan terletak antara Pulau Nusa Penida dan Pulau Nusa Lembongan. Dengan lebar 1.000 meter, selat ini juga dekat dengan Provinsi Bali.

Sumber: beritasatu.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s