ESDM Bentuk BLU Energi Terbarukan

Foto Berita ESDM Bentuk BLU Energi Terbarukan

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta –

Pemerintah membentuk Badan Layanan Umum (BLU) Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kelistrikan, Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (KEBTKE). Hal ini guna mencapai target bauran energi 23% dari energi baru dan terbarukan (EBT) untuk kelistrikan dan transportasi pada 2025.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan bahwa usaha mencapai bauran energi tersebut akan dilakukan semaksimal mungkin.

“Komitmen pemerintah untuk tetap mencapai bauran energi atau energy mix 23% untuk kelistrikan dan transportasi di 2025 itu tetap akan dilaksanakan. Semaksimal yang kita bisa,” tegasnya di Surabaya, Kamis (12/4/2018).

Jonan juga meminta kepada BLU PPSDM KEBTKE untuk mendorong agar masyarakat dan industri sadar akan pentingnya bauran energi.

“Saya sudah minta dengan BLU PPSDM KEBTKE membantu juga sektor industri dan masyarakat untuk, paling kurang, sadar bahwa bauran energi itu penting. Bapak Presiden Joko Widodo telah tanda tangan komitmen tentang climate change di Paris (COP 21) Desember 2015, dan komitmen itu tetap jalan. Kita usahakan energy mix tetap 23%,” ungkapnya.

Namun, Jonan tidak memungkiri bahwa usaha tersebut memiliki tantangan, yakni dari segi tarif, bukan teknologi. Untuk suatu negara yang gini ratio-nya masih 0,39 atau yang disparitasnya masih besar, yang menjadi tantangan adalah mengenai tarif.

Sumber: wartaekonomi.co.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s