Kapasitas Terpasang Baru 12%

Pembangkit Listrik Tenaga Bayu/Angin (PLTB)  Foto ilustrasi: IST

Sementara itu, menurut data PLN, sampai akhir 2017, kapasitas terpasang pembangkit listrik energi baru terbarukan sebesar 6.370,5 MW atau 12% dibanding total kapasitas terpasang pembangkit listrik nasional yang mencapai 52.231 MW. Dari jumlah ini, pembangkit listrik tenaga air mendominasi dengan kapasitas 4.010 MW, berikutnya panas bumi 1.774,5 MW, mikrohidro 381 MW, biomassa 189 MW, dan surya 16 MW.

Sedangkan untuk proyek pembangkit listrik energi baru terbarukan yang tahap konstruksi tercatat mencapai 2.855 MW. Untuk proyek yang sudah diteken kontrak jual beli listriknya (power purchase agreement/PPA) dan dalam proses penyelesaian pendanaan (financial close) ada 886 MW.

Rida Mulyana mengatakan lebih lanjut, meski harga jual listrik PLTB Sidrap dan Tolo tidak mengacu pada Peraturan Menteri ESDM No 50 Tahun 2017 dan masing-masing mencapai 11 sen dolar AS per kWh dan 10,89 sen dolar AS per kWh, hal ini tidak bakal menaikkan Biaya Pokok Penyediaan (BPP) wilayah sistem kelistrikan Sulawesi Selatan, Tenggara, dan Barat. “Ini kan kecil 75 MW, dibandingkan PLTU lain, enggak kerasa,” ujarnya.

Untuk proyek PLTB mendatang, lanjut dia, pengusaha wajib mengikuti ketentuan dalam Permen ESDM No 50 Tahun 2017. Mengacu pada beleid ini, untuk harga jual listrik energi baru terbarukan di wilayah dengan BPP setrum di bawah BPP nasional, melalui negosiasi. Dengan ketentuan ditetapkan melalui negosiasi, maka harga listrik wilayah ini dapat melebihi BPP wilayah setempat.

Sedangkan untuk harga di wilayah dengan BPP di atas rata-rata nasional, tidak diubah di Permen ESDM No 50 Tahun 2017. Batas atas harga jual listrik untuk energi surya, angin, biomassa, biogas, dan arus laut tetap dipatok 85% bagi wilayah dengan BPP lebih tinggi BPP nasional.

“Sehingga, tambahan pembangkit energi terbarukan tidak akan mendongkrak BPP. Iya (harga mengacu Permen No 50 Tahun 2017) dan harga jualnya makin kompetitif,” tutur Rida.

Sumber: beritasatu.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s