Jepang dan ULM Banjarmasin Akan Kembangkan Energi Terbarukan

Banjarhits.id, Banjarmasin – Perusahaan bidang real estate dan pengembangan energi terbarukan asal Jepang, TKM Development Inc melirik Universitas Lambung Mangkurat (ULM) sebagai mitra riset dan pengembangan energi terbarukan di Kalimantan Selatan.
Dua utusan perusahaan itu, Tomoyoshi Morita dan Tsuyoshi Gomi pada Kamis (5/7/2018), menemui Rektor ULM Sutarto Hadi untuk membahas teknis kerja sama dan potensi bahan baku energi terbarukan biomassa di Kalimantan Selatan.
TKM Development berfokus menggarap energi biomassa yang bersumber dari tumbuhan. Melihat potensi di Kalsel, TKM kepincut mengembangkan wood pellet sebagai pengganti energi fosil yang persediaannya terus menipis.
“ULM menyambut baik ajakan kerja sama ini dalam rangka mengatasi keterbatasan energi yang sangat bergantung energi fosil,” kata Sutarto Hadi lewat siaran pers ke banjarhits.id, Kamis (5/7/2018).
Wakil Rektor IV ULM, Yudi Firmanul Arifin, telah memberi alternatif jenis tanaman yang berpotensi dikembangkan, terutama jenis tanaman yang cepat tumbuh. Yudi mengacu penelitian yang pernah digarap oleh Pusat Unggulan Iptek PHLB ULM, yaitu jenis tanaman yang potensial dikembangkan di lahan marjinal. Yudi menjelaskan bahwa pilot project dari implementasi kerjasama ini akan berlokasi di Desa Bentok, Kabupaten Tanah Laut.
Yudi menawarkan lokasi itu karena akses transportasi, jaringan komunikasi sudah terbangun bagus, dan tidak terlalu jauh dari pelabuhan laut. “Perjanjian kerja sama kedua belah pihak akan segera disiapkan agar kerja sama antara dua instansi ini bisa sesegera mungkin diimplementasikan,” ucap Yudi Firmanul Arifin.
Sumber: kumparan.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s