Harga Jual Listrik

Rida Mulyana, Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral

Untuk harga jual listrik, Presiden menegaskan, negara tidak akan intervensi. Pemerintah akan menyerahkan sepenuhnya penentuan harga jual setrum energi terbarukan dari pengembang ke PT PLN (Persero), sesuai negosiasi bisnis normalnya.

“Itu harga pasar, kita enggak boleh memberikan intervensi. Investor enggak mungkin ditekan, kalau enggak untung ya enggak mungkin ada. Semakin banyak kompetisi akan menjadikan harga murah, itu pasti,” tandas Kepala Negara.

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Rida Mulyana menuturkan, harga jual listrik dari PLTB Sidrap sebesar 11 sen dolar AS per kilowatt hour (kWh) dan Tolo 10,89

sen dolar AS per kWh. Artinya, harga setrum ke PLN dari dua proyek ini masih di atas BPP wilayah setempat. Harga jual listrik PLTB Sidrap dan Tolo ini memang tidak mengacu pada Peraturan Menteri ESDM 50/2017.

Sementara itu, harga jual listrik dari PLTU IPP Jeneponto (Ekspansi Kapasitas) sebesar 7,87 sen dolar AS per kWh. Berdasarkan data ESDM harga ini lebih rendah dari tarif listrik untuk industri besar di Indonesia sekitar 7,47 sen dolar AS per kWh per Desember tahun lalu.

Sumber: beritasatu.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s