Penggunaan Energi Terbarukan di Indonesia Masih Minim

Seminar UMY

JawaPos.com – Penggunaan energi alternatif atau Energi Baru dan Tidak (EBT) di Indonesia dinilai masih minim. Dari total 100 persen energi yang digunakan oleh masyarakat Indonesia, penggunaan EBT hanya berkisar sebesar 2 persen.

 

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Aneka Energi Baru dan Terbarukan dari Kementerian ESDM Harris sewaktu Seminar Nasional yang bertemakan Energi Baru dan Terbarukan atau dikenal dengan EBT dalam rangkaian Electro Fair 2018 di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Selasa (3/4).

 

Sejauh ini, masyarakat Indonesia masih menggantungkan sebagian besar energi fosil dalam penggunaan sehari-hari. “Sedangkan untuk energi alternatif masih sangatlah rendah,” kata dia.

 

Dari kalkulasinya, total penggunaan tenaga fosil yang berupa Batubara, Gas dan BBM mencapai 98 persen. Sedangkan untuk EBT hanya sebesar 2 persen. Persentase yang sangat kecil itu, menurutnya berbanding terbalik dengan potensi sumberdaya EBT yang sangat melimpah.

 

“Indonesia harus berubah dan perubahan itu harus dimulai pada generasi muda,” ucapnya.

 

Apabila terus menggantungkan pada penggunaan energi fosil atau tambang, maka pihaknya meanti-wanti timbulnya dampak negatif yang muncul. Seperti kerusakan alam akibat penambangan batubara, risiko kapal tanker tumpah dan kerusakan ekosistem laut.

 

“Serta tingginya gas emisi yang dihasilkan dari hasil pembakaran kendaraan bermotor menyebabkan efek rumah kaca. Dibandingkan jika kita menggunakan EBT, kerusakan lingkungan bisa diminimalisir dan memiliki banyak manfaat,” katanya.

 

Ditambahkan pula, Indonesia saat ini sedang berupaya untuk terus mengembangkan pembangkit listrik alternatif. Berupa Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) 626 unit, Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) 69 unit dan Pembangkit Listrik Minihidro (PLTM) 2 unit.

Sumber: jawapos.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s