PLN: Tenaga Angin di Sukabumi Berpotensi Jadi Energi Listrik

Direktur Pengadaan Startegis PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) (Persero) Supangkat Iwan Santoso di Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Sidrap, Sulawesi Selatan.

SIDRAP, KOMPAS.com – Direktur Pengadaan Startegis PT Perusahaan Listrik Negara ( PLN) (Persero) Supangkat Iwan Santoso mengatakan, pengembangan energi baru terbarukan akan semakin masif dilakukan.

Menurutnya, saat ini Indonesia memiliki potensi yang besar untuk sumber energi baru terbarukan.

Terbaru, Indonesia telah mampu mengembangkan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) di Sidrap, Sulawesi Selatan, dengan kapasitas 75 Mega Watt (MW).

Iwan mengatakan, ada beberapa daerah di wilayah selatan Pulau Jawa memiliki potensi tenaga angin sebagai sumber energi terbarukan.

“Kalau potensi (tenaga angin) banyak, sebetulnya cukup besar di Jawa, ada potensi yang cukup besar di daerah Sukabumi,” ujar Iwan saat ditemui di PLTB Sidrap, Sulawesi Selatan, Selasa (16/1/2017).

Iwan menjelaskan, potensi tenaga angin di wilayah tersebut di Sukabumi cukup besar untuk dijadikan energi listrik hingga 200 MW.

“Karekter anginnya kurang smooth tapi kapasitas besar 200 MW lebih,” ungkapnya.

Namun demikian, lanjut Iwan, untuk saat ini belum ada investor yang berminat untuk membangun PLTB di wilayah Sukabumi. Pihaknya pun membuka peluang jika ada investor yang berminat membangun PLTB di wilayah tersebut.

“Belum ada Power Purchase Agreement (PPA) pembangkit, tapi belum ada yang mau di situ (Sukabumi),” jelas Iwan.

Sementara itu, pemerintah pun menargetkan porsi energi baru terbarukan di Indonesia pada tahun 2025 akan mencapai 23 persen dari total bauran energi nasional.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “PLN: Tenaga Angin di Sukabumi Berpotensi Jadi Energi Listrik”, https://ekonomi.kompas.com/read/2018/01/16/150154026/pln-tenaga-angin-di-sukabumi-berpotensi-jadi-energi-listrik.
Penulis : Pramdia Arhando Julianto

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s