Perusahaan Minyak Inggris Membeli Jaringan Pengisian Kendaraan Listrik Terbesar

charge master charging points photo

Di artikel sebelumnya, kita membicarakan tentang revolusi energi yang berarti penggunaan bahan bakar fosil akan digeser oleh penggunaan bahan bakar alternatif. Tentunya berbagai perusahaan bahan bakar fosil harus bersiap-siap menghadapi perubahan tersebut.

Nah, salah satu perusahaan yang sudah mulai bersiap-siap adalah British Petroleum(BP). BP berencana untuk mengakusisi perusahaan pengisian kendaraan listrik terbesar di Inggris.

Menurut sebuah pernyataan di hari Kamis, perusahaan minyak Inggris ini menandatangani perjanjian untuk membeli Chargemaster yang memiliki lebih dari 6.500 titik pengisian daya di seluruh Inggris.

Selain itu, CEO BP, Tufan Erginbilgic, mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa pembelian ini dibayar sekitar 130 juta pound($170 juta) dan tetap dalam anggaran tahunan untuk energi bersih sebanyak $500 juta.

Ini adalah ilustrasi foto yang menunjukkan tempat pengisian kendaraan listrik bermerek BP. Nantinya masyarakat akan melihat charger ini dalam waktu 12 bulan ke depan.

Erginbilgic mengatakan bahwa BP ingin tetap memiliki posisi terdepan di Inggris, apapun pilihan bahan bakar yang diinginkan oleh konsumen. Selain itu, dia juga mengatakan bahwa BP akan membawa model ini ke pasar lain.

Seperti yang kita tahu, berbagai perusahaan minyak dunia sedang menghadapi tekanan dari investor dan aktivis untuk mempersiapkan masa depan dimana permintaan bahan bakar fosil akan menurun.

BP telah memfokuskan usahanya untuk melakukan investasi kecil dalam berbagai teknologi bersih daripada melakukan perubahan besar dalam alokasi modal, seperti yang terjadi 10 tahun lalu ketika perusahaan itu melakukan merek ulang terhadap dirinya menjadi Beyond Petroleum.

BP mengakui bahwa itu bergerak terlalu cepat ke pasar energi alternatif yang baru lahir saat itu, namun sekarang energi alternatif telah mengalami pertumbuhan signifikan. Melihat hal ini, BP memperkirakan bahwa akan ada 12 juta kendaraan listrik di jalan raya pada tahun 2040.

Menurut data pemerintah, angka tersebut kurang dari 0,1 % dari total. Selain itu, BP mengatakan bahwa akses ke pengisi daya yang cepat dan nyaman akan menjadi kunci peningkatan adopsi teknologi.

Selain itu, Elginbric juga mengatakan bahwa menambahkan beragam jenis energi untuk memenuhi permintaan konsumen adalah hal terpenting dalam mendapatkan pelanggan. Dia juga menambahkan bahwa setengah dari margin kotor BP berasal dari pembelian non-bahan bakar.

Selain itu, Elginbric juga mengatakan bahwa BP memiliki tujuan yaitu mengurangi jumlah waktu yang diperlukan untuk mengisi daya mobil listrik. Rencananya BP akan segera menyediakan charger 150 kilowatt yang dapat mengisi daya ulang mobil dalam waktu 10 menit dengan jarak 100 mil(160 km).

Selain itu, BP juga berinvestasi dalam startup StoreDot yang dapat mengisi penuh daya mobil listrik hanya dalam waktu 5 menit. Nantinya BP Chargemaster akan beroperasi dibawah kendali BP.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s