India Sudah Mulai Melarang Penggunaan Plastik Sekali Pakai

the Gateway of India

Di zaman sekarang, berbagai negara di dunia sedang memikirkan cara untuk mengurangi sampah plastik. Namun, sayangnya hal tersebut tidak mudah untuk dilakukan karena berbagai faktor seperti ketegasan pemerintah. Namun, pemerintah India sudah serius dalam menangani hal ini.

Sebelumnya perdana menteri India, Narendra Modi berjanji untuk menghilangkan plastik sekali pakai dari seluruh negeri India pada tahun 2022 pada pidatonya di awal bulan ini. Tampaknya pemerintah India sudah mulai menanggapi serius hal ini.

Di negara bagian Maharashtra, tempat kota Mumbai berada, pemerintah sudah mengumpulkan $6000 dari denda yang dikenakan untuk usaha yang masih memakai plastik sekali pakai dalam usahanya. Sebelumnya, pemerintah negara bagian ini sudah mengumumkan kebijakan ini dari akhir bulan Maret dan mulai diberlakukan pada tanggal 23 Juni.

Tentunya India tidak lebih “murah hati” dari negara lain yang memberikan jangka waktu bertahun-tahun untuk menghilangkan penggunaan plastik sekali pakai. Bahkan jika ada suatu bisnis yang ternyata ketahuan menggunakan 1 benda yang meliputi plastik sekali pakai saja, maka akan didenda.

Jumlah denda yang dibayar tidaklah main-main yaitu sekitar Rs 5000 yang setara dengan $73(Rp 1.028.000). Jika pelanggar melanggar lagi untuk kedua kalinya, maka akan didenda sebesar Rs 25.000 atau setara dengan $367( Rp 5.248.283). Wih, tegas sekali ya!

Salah satu usaha yang didenda adalah McDonalds. Menurut CNN, gerai makanan cepat saji tersebut didenda karena masih menggunakan plastik sekali pakai untuk pengiriman makanan seperti tutup gelas. Namun, juru bicara McDonalds mengatakan bahwa gerai tersebut telah bergabung dengan asosiasi restoran wilayah tersebut untuk meminta pengecualian dari larangan untuk pengiriman dan takeaway.

Pada minggu lalu saja, satuan tugas khusus pemerintah telah mengumpulkan Rs 400.000 ($5900) dari denda yang dikenakan terhadap usaha yang melanggar aturan tersebut. Hal ini menandakan ketegasan pemerintah dalam mengatasi sampah plastik.

Jika janji dari Modi benar-benar diterapkan secara serius, tentunya India bisa bebas dari sampah plastik hanya dalam waktu 3 tahun saja. Selain itu, Maharashtra bisa menjadi contoh bagi seluruh dunia untuk mengatasi sampah plastik.

Ada kemungkinan bahwa warga Mumbai terinspiras oleh kegiatan pembersihan pantai mereka sendiri yaitu Versova Beach. Pembersihan ini berhasil mengubah Versova dari tempat sampah plastik berserakan menjadi habitat kura-kura.

Diperkirakan ada 15 juta kg sampah plastik yang dibersihkan dari Versova Beach. Ini adalah contoh yang bagus untuk masyarakat dunia dalam mengatasi masalah sampah plastik.

Semoga saja Indonesia bisa menerapkan kebijakan serupa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s