Ternyata Ini Fungsi Lain Dari Terumbu Karang!

Hurricane Irma flooding Florida

Saat kita sekolah, kita pasti pernah diajarkan tentang manfaat terumbu karang bagi kehidupan laut. Manfaat tersebut adalah sebagai tempat tinggal ikan. Selain itu, terumbu karang juga biasa dijadikan hiasan akuarium dan obat

Tapi, ternyata terumbu karang juga berfungsi untuk melindungi kota-kota pesisir dari kerusakan banjir yang lebih parah. Bahkan, menurut penelitian kerusakan bisa lebih parah 2 kali lipat jika tidak ada terumbu karang. Kok bisa? Inilah penjelasannya!

Hal ini dikatakan oleh Eric Bartels, seoarng ilmuwan di fasilitas penelitian karang Mote Marine Laboratory di Summerland Key. Dia mengatakan hal ini setelah mendengar berita tentang Badai Irma yang menghantam Florida Keys pada tanggal 10 September 2017.

Badai Irma yang menghantam Florida Keys ini mengakibatkan gelombang laut 1,2-1,8 meter lebih tinggi dari biasanya. Selain itu, badai kategori 4 ini juga menghancurkan hampir seluruh rumah.

Namun, menurut Bartels gelobang laut tersebut bisa mencapai tinggi lebih dari 6 meter jika tidak ada terumbu karang. Dengan gelombang setinggi itu, rumah-rumah tinggi pun juga bisa hancur.

Selain itu, para peneliti juga menghitung berapa banyak kerusakan yang dicegah oleh terumbu karang dengan model yang digunakan oleh perusahaan asuransi dan insinyur pantai. Hasilnya mengejutkan yaitu tanpa terumbu karang, biaya kerusakan dapat meningkat dari $4 miliar menjadi $8 miliar setiap tahunnya.

Bagaimana caranya? Inilah penjelasannya coral reef tout

Seperti yang kita tahu, terumbu karang merupakan struktur hidup yang berdiri di dekat garis pantai dan menyediakan habitat bagi kehidupan laut. Mereka bisa menjadi penyangga karena selama badai, gelombang banjir dan besar harus melewati terumbu karang sebelum mencapai daratan. Akibatnya, air yang melewati terumbu karang akan kehilangan sebagian besar energinya.

Namun, sayangnya sekitar 50% terumbu karang dunia telah mati dalam waktu 30 tahun terakhir. Hal ini disebabkan oleh pembakaran bahan bakar fosil yang mengakibatkan gas memerangkap lebih banyak panas ke bumi sehingga suhu bumi meningkat.

Lautan bumi menyerap sebagian besar panas itu yaitu sekitar 90%. Ketika air laut cepat hangat, karang akan kehilangan komponen yang memberi warna dan yang membantu mereka menghasilkan makanan.

Selain itu, pertumbuhan terumbu karang akan terhambat dan terumbu karang menjadi rentan terhadap penyakit, alga, dan kematian. Selain itu, peningkatan pengasaman laut yang disebabkan oleh penyerapan karbondiokasida juga memperparah keadaan.

Perisitiwa pemutihan ini juga menewaskan sekitar setengah dari sistem terumbu karang terbesar dunia yaitu Great Barrier Reef sejak 2016. Bahkan, diperkirakan ada 98% terumbu karang di seluruh dunia yang diperkirakan akan terpapar kondisi fatal pada tahun 2030.

Selain itu, penangkapan ikan berlebihan juga dapat memungkinkan ganggang dan parasit membanjiri karang. Selain itu, kapal-kapal yang menyeret jangkar juga dapat merusak terumbu karang karena tergores. Terumbu karang juga terancam oleh polusi dari pertanian dan kota.

Akibat dari banyaknya terumbu karang yang mati, pantai pun kehilangan perlindungan yang signifikan. Studi juga mengungkapkan bahwa kerusakan banjir tahunan dapat berlipat ganda jika ada beberapa meter terumbu karang mati.

Negara-negara seperti Indonesia, Filipina, dan Kuba akan menanggung lebih dari $400 juta akibat kerusakan banjir setiap tahun. Tiap tahunnya Amerika harus menghabiskan $94 juta untuk kerusakan banjir.

Menurut penulis utama studi sekaligus ilmuwan kelautan terkemuka di The Nature Conservacy, Michael Beck, kompleksitas karang di seluruh dunia sudah menghilang sehingga kemungkinan mereka telah melihat peningkatan kerusakan banjir di sepanjang garis pantai tropis.

Menurut penelitian, banjir akan mempengaruhi sekitar 70% lebih banyak lahan dan 81% lebih banyak orang setiap tahunnya jika tidak ada terumbu karang. Tentunya badai besar juga akan menghantam lebih keras dan menimbulkan lebih banyak kerusakan.

Kehancuran dari apa yang disebut “badai 100 tahun akan meningkat sekitar 90% menurut model-model ini. Biaya kerusakan banjir juga bisa menjadi 4 kali lipat ketika digabungkan dengan kenaikan permukaan air laut. great barrier reef diving

Tentunya kita harus menyelamatkan terumbu karang dari kerusakan yang lebih parah karena situs yang mencakup kurang dari 1% dasar laut ini menjadi tempat bagi 25% spesies ikan untuk menghabiskan sebagian siklus hidup mereka. Tentunya tanpa terumbu karang laut menjadi bagaikan lautan yang mati.

Selain itu, terumbu karang juga menyediakan pekerjaan bagi ribuan orang yang bekerja di bidang pariwisata dan perikanan. Perkiraan nilai ekonomi dari terumbu karang adalah $30 miliar hingga lebih dari $375 miliar untuk ekonomi dunia setiap tahunnya, meskipun para ilmuwan mengatakan angka tersebut terlalu rendah.

Oleh karena itu, para ilmuwan sedang mencoba untuk menyelamatkan terumbu karang. Upaya-upaya tersebut seperti mengidentifikasi karang yang tahan terhadap panas atau keasaman dan merintis cara-cara untuk menumbuhkan kembali karang dengan cepat.

Hasilnya cukup mengesankan karena dalam beberapa percobaan mereka telah menciptakan organisme karang yang dapat tumbuh hanya dalam waktu beberapa tahun saja.

Para peneliti juga sedang mencari cara untuk membiakkan karang super. Di Great Barrier Reef, para peneliti telah mampu menanam kembali larva karang di beberapa bagian setelah mengumpulkan telur dan sperma karang. Banyak ahli berpikir bahwa mungkin bagi karang untuk pulih di banyak tempat jika adanya bantuan yang cukup.

Namun, selain itu emisi global yang mengakibatkan perubahan iklim dan pengasaman laut juga perlu dikurangi agar karang dapat bertahan dalam jangka panjang. Kalau tidak, kita akan kehilangan perlindungan, makanan, pekerjaan, dan kenikamatn murni yang disediakan karang.

Selain itu, Beck juga mengatakan bahwa ia berharap bahwa ilmu ini dapat membuat tindakan dan pengelolaan karang seluruh dunia menjadi lebih besar. Semoga saja para ilmuwan bisa menemukanc ara untuk melindungi terumbu karang.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s