Revolusi Energi Akan Datang Sebentar Lagi

china floating solar farm 2

“Hah, mana mungkin?”, mungkin itu adalah kata-kata yang anda ucapkan setelah membaca judul di atas. Anda mungkin merasa energi alternatif sulit berkembang karena berbagai faktor. Namun, hal tersebut memang akan terjadi. Berikut ini adalah penjelasannya.

Mungkin anda berpikir bahwa harga energi alternatif itu sangat mahal sehingga banyak orang tidak mau memakainya. Namun, sekarang harga panel surya malah lebih murah dari batubara. Kenapa hal ini bisa terjadi?

Hal ini dilaporkan oleh Lazard yang menunjukkan biaya listrik dari berbagai sumber berubah. Pembangkit listrik skala utilitas dan pembangkit listrik yang menghasilkan listrik ke jaringan listrik mengalami penurunan terbesar sebesar 86% sejak tahun 2009.

Bayangkan saja, menurut Lazard biaya listrik 1 megawatt/jam dari batubara adalah $102. Sedangkan biaya listrik 1 megawatt/jam dari panel surya adalah $50. Tentunya kedua harga ini memiliki selisih yang cukup besar.

Ini adalah bagan dari biaya penggunaan energi dari berbagai sumber. The average cost of energy in north america

Analisis Lazard ini dilakukan dengan cara LCOE yang merupakan cara menghitung total biaya produksi untuk membangun dan mengoperasikan pembangkit tenaga listrik. Darisini, kita dapat melihat bahwa energi nuklir adalah yang paling mahal, sedangkan energi angin menjadi yang paling murah.

Darisini, kita dapat melihat penurunan harga energi matahari. Penurunan harga energi matahari yang cepat ini merupakan tanda bahwa dunia mungkin ada di ambang perubahan yang dramatis dalam cara kita memperkuat gedung dan kendaraan.

Selain itu, penurunan harga ini juga akan memacu pergeseran dari penggunaan energi bahan bakar fosil seperti minyak dan batubara menjadi energi terbarukan seperti angin dan matahari.

Tentunya pengubahan sistem energi kita dapat memperlambat proses perubahan iklim karena emisi bahan bakar fosil dapat menyebabkan lebih banyak panas terperangkap di bumi. Para analis juga pernah mengungkapkan bahwa revolusi energi dapat terjadi jika tarif energi terbarukan lebih murah daripada bahan bakar fosil. Seperti yang kita lihat, hal tersebut benar-benar terjadi.

Selain itu, penggunaan energi terbarukan sudah mulai terlihat. Hal ini terlihat dengan banyaknya pembangkit energi baru yang ditambahkan di seluruh dunia. Menurut laporan dari Program Lingkungan PBB, ada kapasitas energi surya baru yang diciptakan dari jenis energi lainnya pada tahun 2017. Energy Global growth net electricity chart

Selain itu, 12% kebutuhan energi dunia tahun lalu dipasok oleh energi terbarukan seperti matahari, angin, dan air. Menurut laporan UNEP, sektor surya telah menarik investasi sebesar $160,8 miliar pada tahun 2017. Angka ini meningkat 18% dari tahun 2016.

Namun, sayangnya menurut Lazard sumber-sumber listrik terbarukan ini bukanlah “obat mujarab”. Hal itu terjadi karena pengukuran LCOE tidak memperhitungkan biaya eksternal energi seperti menyimpan energi surya untuk hari-hari berawan yang merupakan salah satu kendala penggunaan energi matahari.

Tentunya masalah penyimpanan ini menjadi kendala negara-negara berkembang untuk mengadopsi sistem energi terbarukan hingga kemampuan baterai dan penyimpanan. Laporan tersebut mengatakan negara-negara berkembang tersebut mungkin perlu menggunakan campuran sumber energi tradisional dan energi terbarukan.

Di Amerika sendiri, Asosiasi Industri Energi Matahari melaporkan bahwa energi matahari hanya memasok 2% kebutuhan listrik negara. Namun, California sedang mencoba untuk merubahn hal tersebut.

Melihat hal ini, Amerika sedang mencari mandat bahwa kebanyakan rumah baru dilengkapi dengan panel surya. Selain itu, anggota parlemen negara itu telah memberikan proposal.

Bagaimana di Indonesia? Indonesia sendiri juga cocok untuk menggunakan energi terbarukan khususnya energi matahari karena Indonesia adalah negara tropis. Semoga saja penggunaan energi terbarukan di Indonesia dapat dikembangkan.

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s